Pakai 4-1-4-1, Ini Perkiraan Formasi Pemain Timnas Indonesia vs Kamboja

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 08 Desember 2021
0 dilihat
Pakai 4-1-4-1, Ini Perkiraan Formasi Pemain Timnas Indonesia vs Kamboja
Skuad Timnas Indonesia. Foto: Dok. PSSI

" Timnas Indonesia akan mengawali kiprahnya di Piala AFF 2020 dengan menghadapi Timnas Kamboja di Bishan Stadium, Kamis (9/12/2021) pukul 19.30 WIB. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Tim Nasional (Timnas) Indonesia akan mengawali kiprahnya di Piala AFF 2020 dengan menghadapi Timnas Kamboja di Bishan Stadium, Kamis (9/12/2021) pukul 19.30 WIB.

Pada laga perdananya, Skuad Garuda sudah dipastikan belum bisa menurunkan kekuatan penuh. Pasalnya, beberapa pemain belum bisa bergabung.

Di antaranya adalah Egy Maulana Vikri. Penyerang sayap FK Senica tersebut belum bergabung dengan tim di Singapura. Begitupun dengan beberapa pemain tambahan seperti Ernando Sutaryadi, Rizky Ridho, Nadeo Argawinata dan Rizky Dwi Febriyanto. Mereka masih berada di Indonesia.

Akan tetapi, Timnas Indonesia akan tetap mengandalkan sejumlah pemain terbaiknya melawan Kamboja.

Mengutip Kompas.com, pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk memperkuat timnas Indonesia di Piala AFF 2020 berjumlah 30 orang.

Baca Juga: Yuk, Intip Persiapan Timnas Indonesia di Piala AFF Jelang Laga Perdana Lawan Kamboja

Jadwal timnas Indonesia di Piala AFF 2020 terbilang sangat berat. Pesaing timnas Indonesia di Grup B Piala AFF 2020 adalah Kamboja, Laos, juara bertahan Vietnam, dan negara tetangga sekaligus rival abadi, Malaysia.

Mengutip Bola.net, berikut perkiraan starting XI Timnas Indonesia vs Kamboja dengan formasi 4-1-4-1.

Kiper: M. Riyandi

Di posisi penjaga gawang, nama M. Riyandi berpotensi menjadi pilihan utama Shin Tae-yong. Kiper Barito Putera tersebut kerap dipercaya dalam pertandingan uji coba.

Pilihan di sektor kiper juga tidak banyak, karena Nadeo Argawinata maupun Ernando Sutaryadi masih berada di Indonesia. Selain Riyandi, opsinya hanya Syahrul Fadillah.

Bek kiri: Pratama Arhan

Posisi bek kiri akan menjadi milik Pratama Arhan. Pemain PSIS Semarang tersebut tak tergantikan dalam serangkaian uji coba yang dilakukan Timnas Indonesia.

Selain menjaga pertahanan dengan baik, Arhan juga kerap membantu penyerangan. Bek asal Blora tersebut juga punya kelebihan dalam melakukan lemparan ke dalam.

Bek tengah: Elkan Baggott

Bergabung dengan tim di Singapura, Elkan Baggott sengat mungkin menjadi pilihan utama melawan Kamboja. Dia memiliki persiapan yang cukup untuk menatap laga perdana timnas Indonesia.

Statistik mentereng pada laga uji coba melawan Afghanistan menjadi salah satu alasan Shin Tae-yong bakal meliriknya. Dia punya atribut yang lengkap sebagai seorang stopper.

Bek tengah: Fachrudin Aryanto

Fachrudin Aryanto kemungkinan akan menemani Elkan Baggott di lini sektor bek tengah. Pengalamannya sebagai pemain senior sangat dibutuhkan.

Bek Madura United tersebut juga selalu menjalani pilihan di lini tengah. Dia tak tergantikan dalam sejumlah pertandingan terakhir Timnas Indonesia.

Bek kanan: Asnawi Mangkualam Bahar

Salah satu pemain kepercayaan Shin Tae-yong di lini pertahanan adalah Asnawi Mangkualam Bahar. Posisinya tidak tergantikan di sisi kanan.

Sama dengan Arhan, Asnawi kerap keluar membantu pertahanan. Pemain yang berkarier di Korea Selatan itu merupakan tipikal bek yang gigih dan tidak takut berduel dengan lawan.

Gelandang bertahan: Rachmat Irianto

Rachmat Irianto akan diplot sebagai gelandang bertahan menghadapi Kamboja. Pemain versatile milik Persebaya Surabaya itu bisa diandalkan untuk menghentikan serangan lawan.

Rian, sapaan akrabnya, merupakan pemain yang sudah malang melintang bersama timnas Indonesia di level Asia Tenggara. Sebelum bergabung dengan tim senior, dia sudah memperkuat timnas kelompok usia.

Gelandang tengah: Ricky Kambuaya

Berstatus debutan, Ricky Kambuaya langsung menjadi andalan. Gelandang Persebaya Surabaya tersebut juga tak tergantikan di lini tengah Timnas Indonesia.

Meski tugasnya mengkreasikan serangan, Ricky juga piawai dalam mencetak gol. Dari tiga laga uji coba yang dilakoni skuad Garuda, dia menyumbang dua gol untuk Timnas Indonesia.

Gelandang tengah: Evan Dimas Darmono

Sebagai salah satu gelandang terbaik yang dimiliki Timnas Indonesia, Evan Dimas sangat sulit untuk tidak diturunkan lawan Kamboja. Dia bisa menjadi nyawa permainan Skuad Garuda.

Evan Dimas sangat piawai dalam mengatur serangan dan mendistribusikan bola. Visi bermainnya juga bagus, dan ditopang dengan kepiawaian dalam mencetak gol.

Sayap kanan: Irfan Jaya

Peluang Irfan Jaya untuk mengisi posisi sayap kanan Timnas Indonesia sangat besar dengan belum bergabungnya Egy Maulana Vikri. Egy belum dilepas oleh klubnya, FK Senica.

Irfan juga bukan pemain sembarangan, pemain asal Bantaeng tersebut juga sempat masuk jajaran top skor BRI Liga 1 2021/2022 sebelum dipanggil Timnas Indonesia. Irfan juga menyumbang 1 gol dari 2 laga uji coba skuad Garuda.

Sayap Kiri: Witan Sulaeman

Sementara posisi sayap kiri kemungkinan besar akan ditempati oleh witan Sulaiman. Pemain Lechia Gdansk tersebut juga selalu menjadi pilihan Shin ae-yong.

Baca Juga: Piala AFF 2020: Ini Jadwal Laga Timnas Indonesia

Selama Timnas Indonesia melakukan uji coba, Witan sudah menyumbang 2 gol. Yakni ketika Skuad Garuda menghadapi Myanmar dan Antalyaspor.

Penyerang: Ezra Walian

Shin Tae-yong memang punya banyak opsi di lini serangan, tetapi pilihan akan jatuh kepada Ezra Walian. Dia sudah menunjukkan ketajamannya dalam beberapa laga uji coba.

Ezra Walian sudah menyumbang dua gol untuk Timnas Indonesia kala menghadapi Myanmar dan Antalyaspor. Statistik tersebut pasti akan menjadi pertimbangan pelatih Timnas. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga