PAN Umumkan 9 Bakal Capres 2024, Nama Puan Maharani Disoraki

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 28 Agustus 2022
0 dilihat
PAN Umumkan 9 Bakal Capres 2024, Nama Puan Maharani Disoraki
Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan (tengah) berfoto bersama jajaran pengurus partai pada pembukaan Rakernas dan Bimtek PAN di Jakarta. Foto: Repro Antara

" Sembilan nama capres diumumkan saat penutupan Rakernas PAN. Sembilan nama itu berasal dari elite partai, menteri hingga kepala daerah "

JAKARTA, TELISIK.ID - Partai Amanat Nasional (PAN) baru saja menutup agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada Sabtu (27/8/2022) malam di Istora Senayan, Jakarta.

Dalam acara itu, dikutip dari Suara.com - jaringan Telisik.id, Ketum PAN Zulkifli Hasan sekaligus mengumumkan nama-nama yang direkomendasikan sebagai calon presiden.

Terdapat sembilan nama capres yang diumumkan Zulkifli Hasan saat penutupan Rakernas PAN tadi malam. Di mana sembilan nama itu berasal dari elite partai, menteri hingga kepala daerah, salah satunya ada nama Puan Maharani.

"Ibu Puan Maharani dari PDI Perjuangan," ujar Zulikfi Hasan atau Zulhas saat mengumumkan nama-nama usulan capres, dikutip dari Suara.com.

Ucapan Zulhas itu sontak langsung dibalas sorakan dan teriakan dari mayoritas kader PAN yang hadir malam itu.

Baca Juga: Ketua Golkar Kendari Punya Waktu 4 Bulan Bila Tak Mau Tertinggal

"Huuuu," teriak dan sorakan para kader menggema seketika.

"Ini kan dari (kategori) partai," ucap Zulhas tampak mencoba menenangkan.

Menurut Zulhas, nama-nama yang diusulkan itu merupakan hasil yang telah dimusyawarahkan di Rakernas PAN.

PAN telah melaksanakan 'Program PAN Memilih' untuk calon-calon kepemimpinan nasional. Mekanisme demokrasi yang dijalankan Partai Amanat Nasional adalah melakukan penjaringan aspirasi rakyat di tingkat akar rumput melalui mekanisme partai, yaitu di rapat kerja daerah (rakerda) PAN di 514 kabupaten dan kota.

"Prosesnya sangat demokratis. Tanpa adanya tekanan atau paksaan. Semua kader dapat mengusulkan aspirasi rakyat melalui forum rakerda," papar Zulhas.

"Setelah itu, hasil keputusan Rakerda PAN dibawa ke tingkat rapat kerja wilayah (rakerwil) di 34 provinsi. Suasananya sungguh dinamis dan demokratis. Keindahan dalam perdebatan dan kebebasan berpendapat mewarnai proses itu. Selanjutnya, hasil Rakerwil PAN dibawa ke rapat kerja nasional (rakernas) PAN, hari ini," lanjut Zulhas.

Diketahui, dikutip dari Detik.com, PAN merekomendasikan 9 nama calon presiden (capres) yang akan diusung di Pemilu 2024. Sembilan nama itu berasal dari elite partai, menteri, hingga kepala daerah.

Baca Juga: KPU Jatim Ingatkan Kerawanan Sengketa Verifikasi Keanggotaan Parpol Calon Peserta Pemilu 2024

Kesembilan nama itu berasal dari tiga klaster. Pertama klaster ketua umum atau elite partai. Di klaster ini PAN merekomendasikan Airlangga Hartarto, Puan Maharani, serta Zulhas yang masuk dalam daftar klaster tersebut.

Kedua yakni klaster menteri. Dalam klaster ini hanya Erick Thohir yang diusulkan.

Terakhir klaster kepala daerah. Ada 4 nama yang diusulkan dalam klaster ini, yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga