Panen Raya Sorgum Jadi Strategi Kecamatan LAUT NTT Angkat Ketahanan Pangan

Berto Davids, telisik indonesia
Selasa, 05 April 2022
0 dilihat
Panen Raya Sorgum Jadi Strategi Kecamatan LAUT NTT Angkat Ketahanan Pangan
Kecamatan LAUT, Manggarai Timur Panen Raya Sorgum. Foto: Ist

" Pemerintah Kecamatan Lamba Leda Utara (LAUT), secara resmi menggelar panen raya sorgum organik di kebun contoh sorgum milik pemerintah di wilayah Ntaur-Dampek "

MANGGARAI TIMUR, TELISIK.ID - Pemerintah Kecamatan Lamba Leda Utara (LAUT), Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) secara resmi menggelar panen raya sorgum organik di kebun contoh sorgum milik pemerintah di wilayah Ntaur-Dampek, Desa Satar Padut, Selasa (5/4/2022).

Luas lahan pemerintah yang menjadi tempat panen raya sorgum itu sebesar 1 hektare. Panen raya sorgum itu dilakukan oleh seluruh pegawai kecamatan dan dipimpin langsung oleh camat, Agus Supratman.

Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat Kecamatan LAUT,  Gonsi Geta menjelaskan, program ini bertujuan untuk mengangkat ketahanan pangan dan penguatan ekonomi masyarakat.  

"Melalui budidaya sorgum organik, masyarakat memiliki kesempatan untuk menambah aktivitas di bidang pertanian sekaligus menambah penghasilan lewat bercocok tanam sorgum," kata Gonsi.

Ia mengatakan usia sorgum yang dipanen itu kurang lebih 3 bulan 2 minggu.

Baca Juga: Ratusan PKL dan Pemilik Warung Datangi Mako Polres Konawe, Ada Apa?

"Kami tanam 28 Desember 2021 dan kami panen hari ini.  Itu pun panen hari ini kategori terlambat karena jadwal kegiatan kantor cukup padat dan baru hari ini kami panen. Mestinya panen harus dilaksanakan Minggu lalu," ucap Gonsi.

Sorgum yang dipanen itu terdiri dari 3 varietas, yakni varietas suri 4, varietas numbu dan varietas super 2.

Sementara itu, Camat Agus Supratman juga menjelaskan, program tanam sorgum di Kecamatan LAUT diwajibkan juga ke semua desa.

Baca Juga: Menteri Perdagangan Kunjungi Bombana Resmikan Dermaga Bongkar Muat Gula Pasir

"Tahun ini 11 desa wajib buat kebun contoh sorgum sendiri dengan luas masing masing 1 hektar. Sekarang ada yang sudah berjalan dan bahkan ada yang sudah panen," jelas Agus.

Agus pun meminta masyarakat umum juga kiranya bisa lakukan hal yang sama secara bersama.

"Saya minta masyarakat bergerak bersama untuk hal yang sama, yaitu sorgum.  Tanaman ini gizi tinggi, bisa mengatasi gizi buruk dan stunting," tutup mantan wartawan ini. (B)

Reporter: Berto Davids

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga