Panitia Pilwawali Resmi Dibentuk, Ini Susunannya

Musdar, telisik indonesia
Kamis, 09 Januari 2020
0 dilihat
Panitia Pilwawali Resmi Dibentuk, Ini Susunannya
Ketua DPRD Kendari. Subhan ST. Foto: Mus/Telisik

" Sekretaris di isi oleh Sekretaris Dewan (Sekwan) Syam Alam, tapi dia tidak masuk sebagai anggota, jadi seluruhnya ada 11 orang. "

KENDARI, TELISIK.ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari resmi membentuk panitia Pemilihan Calon Wakil Wali Kota (Cawawali) Kendari, Kamis (9/1/2020).

Ketua DPRD Kota Kendari, H. Subhan ST, usai rapat pembentukan panitia Pilwawali menerangkan bahwa, hasil rapat tersebut masing-masing fraksi menyepakati 11 orang perwakilan dewan masuk sebagai panitia diantaranya, H. Subhan sebagai Ketua, Wakil Ketua, La Ode Muh. Inarto dan Samsudin Rahim.

Baca Juga: Warga Minta K2 Diangkat Jadi ASN Tanpa Tes

Sementara anggota panitia dari masing-masing fraksi diantaranya dari Fraksi PAN Irwan Sukma, Fraksi Gerindra, Simon Mantong, Fraksi PDIP Andi Sulolipu, Fraksi DKI Rahman Tawulo, Fraksi Golkar La Ode M. Rajab Jinik, Fraksi Nasdem, Fadli Bafadal Fraksi PKS, La Yuli dan Perwakilan suara tertinggi partai politik, Rizki Brilian Pagala.

“Sekretaris di isi oleh Sekretaris Dewan (Sekwan) Syam Alam, tapi dia tidak masuk sebagai anggota, jadi seluruhnya ada 11 orang,” beber Subhan.

Setelah panitian ini terbentuk, maka tugas dan wewenang yang akan dilakukan panitia adalah menyusun program kerja dan penetapan jadwal, mengumumkan dan memberitahukan penyampaian calon Wakil Wali Kota Kendari, membuka pendaftaran calon Wakil Wali Kota Kendari, menerima berkas persyaratan calon Wakil Wali Kota Kendari dan meneliti persyaratan administrasi calon Wakil Wali Kota Kendari.

Selanjutnya, penetapan calon Wakil Wali Kota Kendari, melaksanakan pemungutan suara dan perhitungan suara, menetapkan hasil pemungutas suara dan penghitungan, suara, menetapkan calon Wakil Wali Kota Kendari terpilih dan mengusulkan pengesahan dan pengangkatan Wakil Wali Kota Kendari kepada Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Provinsi.

Panitia Pilwawali yang telah dibentuk dipastikan tidak akan adalagi perombakan seperti sebelumnya, sebab dua nama Cawawali telah siap untuk dilanjutkan di DPRD yang tertuang melalui Surat Keputusan (SK) masing-masing partai koalisi ADP-SUL.

“Ini merupakan satu langkah maju untuk menjawab tentang Pilwawali di masyarakat Kota Kendari yang sudah lama menantikan Wakil yang sudah lama kosong,” tambahnya.

Politisi PKS ini berharap dua nama yakni Adi Jaya Putra (AJP) dan Siska Karina Imran yang telah masuk di Pemerintah Kota segera diselesaikan tahapannya dan diserahkan ke DPRD Kendari sebagai tindaklanjut kerja panitia yang telah disusun.

Dengan tahapan yang terus digulirkan DPRD diperkirakan Pemilihan calon yang akan mendampingi Wali Kota Kendari, Sulkarnain diperkirakan akan direalisasikan akhir Januari hingga awal Februari 2020.


Reporter: Mus
Editor: Sumarlin

Baca Juga