Pantai dan Permandian Air Tawar jadi Pilihan Wisata, UMKM Panen Cuan

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 24 April 2023
0 dilihat
Pantai dan Permandian Air Tawar jadi Pilihan Wisata, UMKM Panen Cuan
Pengunjung yang memadati lokasi wisata di libur lebaran. Foto: Sunaryo/Telisik

" Momen libur lebaran tidak disia-siakan masyarakat Kabupaten Muna. Rata-rata memanfaatkan dengan berekreasi ke lokasi wisata "

MUNA, TELISIK.ID - Momen libur lebaran tidak disia-siakan masyarakat Kabupaten Muna. Rata-rata memanfaatkan dengan berekreasi ke lokasi wisata.

Pantai dan permandian air tawar masih menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu liburan yang tersisa tinggal dua hari lagi. Sejumlah tempat wisata yang ada di Muna dan Muna Barat dipadati masyarakat.

Di permandian Topa, Desa Labone, Kecamatan Lasalepa misalnya, sejak H+1 lebaran jumlah pengunjung membludak jika di banding-hari-hari biasanya.

Baca Juga: Usai Idul Fitri Permandian Wakante Muna Barat Jadi Sasaran Wisatawan

"Sekitar hampir seribuan," sebut Ketua Bumdes Labone, Frengki Rahman, Senin (24/4/2023).

Permandian Topa saat ini dikelola oleh Bumdes. Untuk pas masuk, pengunjung dibebankan membayar karcis, motor Rp 5 ribu dan mobil Rp 10 ribu.

"Hasil penarikan retribusi kita bagi dengan pengelola 40-60 persen," sebutnya.

Untuk pengembangan sarana dan prasarana permandian Topa, selain menggunakan Dana Desa (DD), tahun ini juga mendapatkan kucuran anggaran sebesar Rp 400 juta dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KDPDTT). Anggaran itu merupakan aspirasi dari Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ridwan Bae.

"Sesuai perencanaan anggaran Rp 400 juta itu, akan digunakan untuk pembangunan gazebo, toilet dan parkiran," ungkapnya.

Meningkatnya jumlah pengunjung di lokasi wisata itu pula membawa berkah bagi UMKM. Mereka panen cuan dari hasil daganganya, penghasilan mereka mencapai jutaan rupiah perharinya.

Febrian, salah satu pengunjung mengatakan, bersama keluarga, rutin dilakukan setiap libur lebaran. Di lokasi wisata, mereka menghabiskan waktu dengan mandi-mandi dan berselfi.

Baca Juga: Libur lebaran, Pantai Morano Dipadati Pengunjung

"Kita manfaatkan waktu libur, sebelum balik ke Kendari bersama keluarga," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin mengaku, telah menerjunkan personel untuk melakukan pengamanan di lokasi-lokasi wisata. Ada enam lokasi yang mendapat pengamanan. Adalah pantai Walengkabola, Meleura, Topa, Napabale, Pajala dan Wakante.

"Anggota stand by dalam rangka memberikan rasa nyaman pada pengunjung lokasi wisata," tukasnya. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga