Pantai Jodoh, Wisata Pasir Putih di Buton Selatan

Waode Israwati, telisik indonesia
Sabtu, 26 Februari 2022
0 dilihat
Pantai Jodoh, Wisata Pasir Putih di Buton Selatan
Wisata pantai Jodoh Desa Bola, Buton Selatan Foto: Waode Israwati/Telisik

" Keindahan Kabupaten Buton Selatan (Busel) tidak pernah habis, banyak pesona alam yang bisa dinikmati, Salah satu yang tidak bisa dilewatkan yaitu Pantai Jodoh "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Keindahan Kabupaten Buton Selatan (Busel) tidak pernah habis, banyak pesona alam yang bisa dinikmati, Salah satu yang tidak bisa dilewatkan yaitu Pantai Jodoh.

Pantai pasir berwarna putih ini berada di Kampung Jodoh, Desa Bola, Kecamatan Batauga, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra).

pantai ini mempunyai beberapa saung untuk tempat bernaung, sehingga sangat nyaman bila datang berekreasi bersama teman maupun keluarga. Selain itu, bila air surut, terbentang hamparan pasir putih yang masih basah.

Selain menawarkan pemandangan laut yang terhampar luas, pantai ini juga menyuguhkan tebing-tebing yang indah untuk jadi spot foto yang bagus. 

Akses jalan masuk ke pantai ini, tidak jauh dari jalan utama. Biaya masuk ke Pantai Jodoh untuk mobil dipungut bayaran sebesar Rp 10.000, sedangkan motor Rp 5.000.

Baca Juga: Viral, Taman Bakau Tondasi Jadi Tempat Wisata Menarik

Pantai yang dibuka untuk wisata sejak 2015 silam, diklaim milik pribadi dikarenakan batas tanah keluarga yang berada sampai di bibir pantai, sehingga pantai ini dikelola langsung oleh pemiliknya.

Pemilik pantai saat ditemui Telisik.id, Lanusia mengaku, jika pantai Jodoh merupakan milik pribadi, untuk pembangunan dan pengurusan mengunakan dana sendiri. Tidak berhubungan dengan pemerintah daerah (Pemda).

"Ini pantai milik pribadi karena tanah di sekitar sini punya keluarga dan sudah bersertifikat, serta tidak ada kaitannya dengan pemerintah daerah maupun desa," tuturnya, Sabtu (26/6/2022).

Dia juga menambahkan, untuk pengunjung sendiri banyak di akhir pekan,  bukan hanya warga sekitar dari luar daerah juga banyak ke Pantai Jodoh untuk berlibur. Namun katanya, untuk sekarang, dikarenakan gelombang tinggi, jumlah pengunjung menurun untuk sepekan terakhir.

Baca Juga: Pesona Pantai Wambuliga, Deburan Ombak Hingga Panaroma Senja di Wakatobi

"Banyak pengunjung itu di Sabtu dan Minggu. Bukan hanya dari masyarakat sekitar sini saja dan kebanyakan dari sekitaran Kota Baubau dan Pasarwajo," paparnya.

Bagi anda yang ingin berkunjung, maka sebaiknya siapkan bekal terlebih dahulu. Pasalnya tidak ada warung yang menyediakan makanan di pantai ini. (C)

Reporter: Waode Israwati

Editor: Kardin

Baca Juga