Pantai Tanjung Malaha nan Eksotis

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Sabtu, 28 Januari 2023
0 dilihat
Pantai Tanjung Malaha nan Eksotis
Pesona pantai Tanjung Malaha menawarkan pemandangan alam yang sangat eksotis. Bukan hanya sunrise dan sunset, di sini kita juga dapat melihat panorama pesisir pantai dan pasir halus. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Karakteristik yang tenang dan menawan menjadikan Tanjung Malaha pilihan berlibur untuk kelurga dan pasangan di akhir pekan "

KOLAKA, TELISIK.ID - Destinasi wisata Tanjung Malaha, yang terletak di Desa Malaha, Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka, menawarkan pemandangan yang sangat eksotis. Fakta ini sekaligus membuat Malaha sebagai satu-satunya desa di Sulawesi Tenggara yang memiliki wisata tanjung.

Karakteristik yang tenang dan menawan menjadikan Tanjung Malaha pilihan berlibur untuk kelurga dan pasangan di akhir pekan. Terlebih lagi bagi wisatawan yang mendambakan pemandangan sunset dan sunrise, dua hal ini dengan mudahnya dijumpai di Tanjung Malaha.

Tempat wisata satu ini sangat terbuka dan tidak ditutupi area pegunungan. Pegunungan bisa kita jumpai di sebelah timur yang tentunya tidak menghalangi hadirnya sunrise.

Bukan hanya sunrise dan sunset, di sini kita juga dapat melihat panorama pesisir pantai dan pasir halus yang menjadi poin tambahan untuk memilih tempat ini sebagai lokasi berlibur.

Berada di bawah rindanganya pohon pinus yang tumbuh subur di dalam area wisata, bisa membuat pengunjung betah untuk berlama-lama. Area spot foto yang ditawarkan di dalamnya pun banyak.

Baca Juga: Daya Tarik Pantai Laguci Kabupaten Buton Selatan Mampu Gaet Warga Amerika

Kemanjaan oleh alam makin dirasakan saat kita memandang deretan pohon kelapa yang berada di lokasi penyeberangan menuju tanjung tersebut.

Asisten III Kabupaten Kolaka, Drs. Wardi, M.Si mengatakan bahwa sektor pariwisata bisa mendorong sektor lainnya seperti sektor ekonomi kreatif, teknologi digital dan UMKM.

“Tanjung Malaha merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki potensi yang besar, didukung dengan keindahan alamnya. Pengembangan wisata ini dapat meningkatkan juga kapasitas SDM dan memberikan dampak positif terhadap perekonomian daerah,” ujarnya.

Salah satu warga Desa Malaha, Nurul, meminta pemerintah daerah dapat terus men-support dan mengembangkan wisata Tanjung Malaha ini.

"Karena pantai tanjung satu-satunya yang ada di Sulawesi Tenggara, pengembangannya sebagai lokasi wisata, akan sangat berdampak pada pelaku usaha mikro, kecil maupun menengah," ujarnya.

Baca Juga: Pantai Tanjung Tabako jadi Destinasi Wisata Favorit Masyarakat Bombana

Sementara itu salah satu pengunjung, Yakub menuturkan, saat akhir pekan, dirinya sering mengunjungi pantai ini hanya untuk melepaskan penat.

"Mumpung pantainya dekat juga baru penyeberangannya tidak terlalu jauh," tambahnya.

Diketahui, untuk sampai di pantai Tanjung Malaha, kita tidak perlu merogoh uang yang banyak, cukup dengan Rp 10.000 kita sudah dapat menyeberang ke tempat wisata tersebut. (A)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga