Pantai Toronipa Konawe Sang Surga Daerah Pesisir

Ruliawan Putra Utama, telisik indonesia
Minggu, 06 Februari 2022
0 dilihat
Pantai Toronipa Konawe Sang Surga Daerah Pesisir
Keindahan Senja Pantai Toronipa yang terletak di Kabupaten Konawe, Sultra. Foto: Ruliawan/Telisik

" Sulawesi Tenggara merupakan daerah yang penuh dengan keaneka ragaman adat dan budaya, sehingga Sultra menjadi salah satu provinsi yang wajib menjadi tujuan pariwisata. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sulawesi Tenggara (Sultra) merupakan daerah yang penuh dengan keaneka ragaman adat dan budaya, sehingga Sultra menjadi salah satu provinsi yang wajib menjadi tujuan pariwisata.

Pengembangan tempat wisata dan sumber daya manusia dalam lingkup pariwisata menjadi perhatian utama Dinas Pariwisata Sultra, pembangunan dan pembaharuan ikon tempat wisata yang dilakukan dinas pariwisata dan dinas terkait mampu meningkatkan presentase wisatawan yang masuk.

Selain pengembangan ikon wisata, Dinas Pariwisata Sultra juga terus mengembangkan sumber daya manusia dalam meningkatkan ekonomi kreatif. salah satu pusat ikon pariwisata yang kini sedang gencar dikembangkan adalah pantai Toronipa.

Pantai Toronipa sendiri terletak di Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe, sebuah surga wisata yang terletak di pesisir Konawe. Pasirnya yang putih, ombaknya yang indah, serta hembusan angin yang  masih asri terjaga oleh alam menjadikan pantai ini menjadi ikon yang wajib dikunjungi saat berlibur.

Pantai Toronipa dapat diakses melalui jalur darat dan memakan waktu kurang lebih satu jam perjalanan dari pusat Kota Kendari, pembangunan jalur utama menuju pantai Toronipa kini sedang berlangsung, ini merupakan bukti bahwa Pemprov Sultra sangat memperhatikan ikon wisata tersebut.

Jalur yang dibangun menuju ke pantai Toronipa melewati pinggir pesisir lautan, menampakan pemandangan yang indah serta meninggalkan kenangan seru dalam perjalanan sehingga perjalanan menuju pantai Toronipa tidak terasa membosankan.

Pantai Toronipa memiliki keindahan yang benar-benar dapat memanjakan mata para wisatawan, selain itu Pemprov Sultra juga terus meningkatkan pelatihan dan sosialisasi mengenai ekonomi kreatif pada masyrakat sekitaran pantai Toronipa, sehingga masyarakat setempat kini kreatif dalam berpartisipasi mengenai pengembangan ekonomi kreatif di sekitar pemukiman mereka. Senyum dan keramahan masyarakat sekitar akan banyak kita jumpai saat berkunjung di sana. 

Namun, dengan berkembangnya dunia digital saat ini, maka pengembangan potensi wisata harus dilakukan terobosan yang kekinian. Tidak hanya menggunakan cara konvensial saja namun perlu langkah kreatif dan inovatif dalam pemasaran pariwisata karena industri pariwisata tidak bisa terelakkan dari tantangan era digital sesuai dengan dinamika dan trend masyarakat saat ini.

Baca Juga: Fungka Barabantingi, Spot Wisata Baru Nikmati Indahnya Sunset dan Sunrise di Wakatobi

Oleh karena itu, pemerintah membuat beberapa event lomba mulai dari perancangan arsitektur, fotografi dan beberapa lomba dengan tema ikon wisata pantai Toronipa.

Selain itu juga, pantai Toronipa banyak digunakan dalam pelaksanaan event, baik itu nasional maupun lokal, itu semua karena masyarakat sekitaran tempat wisata sangat menyambut para wisatawan yang berkunjung ke pantai Toronipa.

Pantai Toronipa juga menjadi pantai yang banyak dikunjugi oleh kalangan muda-mudi, itu membuktikan bahwa pengembangan pantai Toronipa menjadi ikon wisata Sultra bisa dibilang cukup berhasil, itu terbukti dengan naiknya presentasi wisatawan yang berkunjung ke pantai Toronipa.

Juga bagi pecinta camping, pantai Toronipa juga menjadi tempat camping yang disarankan dikarenakan pemandangan malam yang sangat indah dan menenangkan dapat ditemukan di pantai Toronipa. 

Namun di tengah masa pandemi COVID-19, pemerintah melakukan pembatasan pengujung yang masuk ke ikon wisata pantai Toronipa ini semua bertujuan untuk menekan jumlah tingkat penyebaran virus COVID-19 ini. Namun wisatawan tidak perlu khawatir karena ke depanya pemerintah akan terus melakukan yang terbaik dalam pengembangan wisata pantai Toronipa.

Salah seorang pengunjung, Aldi (21) mengungkapkan, perjalan menuju pantai Toronipa itu sangat mengasikkan.

"Perjalanan sehingga perjalanan menuju pantai Toronipa tidak terasa membosankan," ungkapnya, Minggu (6/2/2022).

Ia juga mengatakan, alasan dia senang mengunjungi pantai Toronipa karena suasana pantai yang indah dan masih asri.

"Sangat buat hati wisatawan tenang," ungkapnya.

Saat di temui team Telisik.id, salah seorang warga setempat, Yadi (30) menyampaikan, apresiasi yang besar terhadap pemerintah karena menurutnya, pemerintah berperan penting dalam pengembangan ekonomi kreatif bagi masyarakat sekitar pantai.

Baca Juga: Belum Banyak yang Tahu, Begini Keindahan Kecamatan Talaga di Buteng

"Pemerintah memberikan izin masyarakat untuk menjalankan beberapa sektor wisata di dalam pantai seperti pengelolaan gazebo, penyewaan wisata air banana boat, berjualan berbagai makanan dan cemilan tradisional," ungkap Yadi. (B)

Reporter: Ruliawan Putra Utama

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga