Panwascam Muna Barat Diimbau Upgrade Kapasitas Pengetahuan Aturan Pemilihan

Putri Wulandari, telisik indonesia
Sabtu, 25 Mei 2024
0 dilihat
Panwascam Muna Barat Diimbau Upgrade Kapasitas Pengetahuan Aturan Pemilihan
Pelantikan dan pengambilan sumpah 33 panwascam terpilih untuk Pilkada Tahun 2024. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" 33 anggota Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pilkada Muna Barat diimbau meningkatkan pengetahuan dan kapasitas "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - 33 anggota Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pilkada Muna Barat mulai bekerja. Ketua Bawaslu mengimbau seluruh anggota meningkatkan pengetahuan dan kapasitas.

Pelantikan panwascam dilaksanakan di caffe and resto Zz permandian Matakidi, Kecamatan Barangka, Muna Barat, yang dihadiri oleh pimpinan Bawaslu Muna Barat dan Bawaslu Provinsi Sulawesi Tenggara, Sabtu (25/5/2024).

Ketua Bawaslu Muna Barat, Awaluddin Usa mengatakan, perekrutan panwascam telah dilakukan melalui dua metode yaitu existing (evaluasi kinerja) dan pendaftar baru.

Dari hasil evaluasi kinerja pada panwascam pemilu 2024, pihaknya mendapatkan 22 panwascam yang masih layak dan dipertahankan untuk mengawal pilkada serentak 2024.

Kemudian pendaftar baru dibuka seluas-luasnya bagi yang memenuhi syarat, maka dari jumlah 79 pendaftar ditetapkan 11 orang tambahan yang dinilai melalui tes CAT dan wawancara.

Baca Juga: Bawaslu Buton Tetapkan 21 Nama Anggota Panwascam Terpilih 2024

Untuk itu, ia mengarahkan panwascam yang telah dilantik, bekerja sesuai regulasi, sebab jika diperhadapkan dengan masalah atas keputusan yang dilakukan maka yang menyelamatkan ialah regulasi.

"Jadi saya meminta panwascam upgrade kapasitas, perkaya pengetahuan dengan aturan terkait dengan pelaksanaan pemilihan," ujarnya.

Kemudian sesuai pakta integritas, panwascam akan berlaku netral, berintegritas tinggi, menjalankan semua tahapan sesuai ketentuan dan norma yang berlaku. Karena penyelenggara akan menjadi bagian yang meredam konflik di tengah masyarakat saat pilkada mendatang.

Sementara itu, salah satu pimpinan Bawaslu Sulawesi Tenggara Korwil Muna Barat, Bahari mengatakan, 22 panwascam yang bertahan mampu menjadi motivator bagi panwascam yang baru direkrut.

Baca Juga: Bawaslu Muna Barat Catat 78 Pendaftar Calon Panwascam Pilkada

"11 yang baru terekrut juga harus cepat menyesuaikan dengan tahapan yang sementara berjalan," ungkapnya.

Ia juga berharap, dari pengalaman Pilkada 2017 lalu, pihak penyelenggara mampu meminimalisir konflik yang terjadi, sebab berbeda konteksnya antara pemilu dan pilkada. Sehingga ia berharap panwascam lebih mengedepankan pencegahan, mensosialisasikan terkait dampak ketidaknetralan dan hal lainnya.

Untuk diketahui, 33 panwascam di Muna Barat setelah dilantik, langsung mengikuti bimbingan teknis. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga