Paparkan Visi Misi, Masyarakat Diharap Cerdas Memilih Pemimpin Konawe Utara

Siswanto Azis, telisik indonesia
Kamis, 03 Desember 2020
0 dilihat
Paparkan Visi Misi, Masyarakat Diharap Cerdas Memilih Pemimpin Konawe Utara
Paslon Bupati dan Wakil Bupati Konawe Utara. Foto: Ist.

" Masyarakat hendaknya lebih memahami kedua calon dari sisi pemikiran dan program-programnya agar pemilihan Bupati untuk lima tahun ke depan efektif. "

KONAWE UTARA, TELISIK.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar debat kandidat pasangan calon bupati dan wakil bupati.

Ketua KPU Konawe Utara, Syawal Sumarata mengatakan, Kedua pasangan calon tersebut yang akan melaksanakan debat kandidat adalah Ruksamin-Abu Hara dan Raup-Iskandar Mekuo

"Kegiatan debat ini untuk melihat cara pandang setiap calon dalam mengurai, membahas dan menyelesaikan setiap masalah terkait tema yang ditentukan," kata Syawal Sumarata kepada awak media, Kamis (3/12/2020).

Menurutnya, dalam kegiatan debat dipaparkan visi misi masing-masing Paslon dan pendalamannya, sehingga dapat menjadi referensi bagi masyarakat untuk memilih pemimpin Konawe Utara dalam pemilu 9 Desember mendatang.

Syawal melanjutkan, debat tersebut disiarkan langsung oleh Televisi dan Radio sehingga kegiatan ini hanya menjadi proses kampanye dan pilihan tetap ada di masyarakat setempat.

"Masyarakat hendaknya lebih memahami kedua calon dari sisi pemikiran dan program-programnya agar pemilihan Bupati untuk lima tahun ke depan efektif," ujarnya.

Baca juga: Polisi Terlibat di Pilkada, Sanksi Menanti

Syawal  berharap, melalui debat yang telah dilakukan itu maka masyarakat sudah bisa memilih calon-calon yang memiliki komitmen untuk membangun daerah.

Dalam visi Ruksamin, dirancang dari hasil kajian komprehensif mengenai permasalahan pokok dan isu-isu strategis yang exist serta ikut berpengaruh dalam jakad pemerintahan dan pembangunan daerah, termasuk dalam tata peradaban masyarakat Konawe Utara.

Sedangkan misi Ruksamin, yaitu merancang kebijakan dan program pokok serta sasaran program prioritas yang akan dilakukan.

Sementara itu, Raup merencang visi Konawe Utara yang mandiri dan religius menuju masyarakat sejahtera, sedangkan misinya adalah ia mengusung akan mendorong perbaikan tata kelola pemerintahan, melalui optimasi fungsi lembaga dan aparatur dalam upaya menuju pemerintahan yang baik dan bersih.

Sedangkan misinya adalah tanggungjawab konstitusi dan moral, untuk membawa perubahan Konawe Utara yang mandiri dan religius menuju masyarakat sejahtera. Tanggung Jawab moral yang dimaksud adalah diimplementasikan melalui pelaksanaan program dan kegiatan penyelenggaraan pemerintahan.

Selanjutnya pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan secara nyata, terukur dan dapat dipertanggungjawabkan, tidak hanya terbatas kepada masyarakat Kabupaten Konawe Utara, tetapi juga merupakan persembahan kepada ibu pertiwi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (B)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga