Papua Bergejolak Lagi, Kelompok Kriminal Bersenjata Bunuh 2 Warga Sipil

M Risman Amin Boti, telisik indonesia
Senin, 23 Agustus 2021
0 dilihat
Papua Bergejolak Lagi, Kelompok Kriminal Bersenjata Bunuh 2 Warga Sipil
Kelompok Bersenjata Papua (KKB). Foto: Repro sindonews.com

" Kasatgas Humas Nemangkawi, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal menyatakan, kedua korban telah meninggal dunia akibat penyerangan tersebut. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali menyerang warga sipil Papua yang bekerja membangun jembatan di Sungai Brazza, Kampung Kribun, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua.

Identifikasi kepolisian menyebutkan terdapat dua korban bernama Rionaldo Ratumora dan Dedi Iman Pamungkas, dibunuh lalu dibakar bersama mobil yang dikendarai mereka.

Kasatgas Humas Nemangkawi, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal menyatakan, kedua korban telah meninggal dunia akibat penyerangan tersebut.

“Benar bahwa telah terjadi pembantaian dua orang sipil pekerja PT Indopapua di jembatan Kali Brasa dan saat ini kedua jenazah sedang diperiksa secara medis di RSUD Dekai," kata Mustofa dalam keterangannya diterima di Jakarta, Senin (23/8/2021).

Baca juga: Tusuk Leher Korban hingga Tewas, Lima Pelaku Pengeroyokan Ditangkap Polisi

Baca juga: 7 Bangunan di Kawasan Pasar Baru Rata Dilalap Api, Ini Pengakuan Warga

Menurut Mustofa, kelompok KKB Papua yang diduga bertanggungjawab atas penyerangan ini adalah KKB Pimpinan Tendius Gwijangge.

“Dari keterangan olah TKP, diduga pelaku pembantaian tersebut adalah KKB Wilayah Yahukimo pimpinan Tendius Gwijangge," ungkap dia.

Lebih lanjut, tambah Mustofa, Satgas Nemangkawi kini tengah memburu para pelaku pembantaian itu, dan menyisir sejumlah lokasi yang diduga menjadi tempat persembunyian pelaku.

"Aparat tidak akan tinggal diam dan terus mengusut tuntas sesuai prosedur hukum pelaku pembantaian pekerja PT Indopapua," katanya.

Selanjutnya, ia menyampaikan kepada warga masyarakat jika mengetahui informasi seputar KKB wilayah Yahukimo pimpinan Tendius Gwijangga, agar tidak segan melapor pihak kepolisian terdekat. (C)

Reporter: M. Risman Amin Boti

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga