Paripurna RAPBD Perubahan, Pemda Konsel Fokus Pelayanan Masyarakat

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Sabtu, 17 Oktober 2020
0 dilihat
Paripurna RAPBD Perubahan, Pemda Konsel Fokus Pelayanan Masyarakat
Suasana rapat paripurna oleh Pemda bersama DPRD Konsel terkait Rancangan APBD Perubahan. Foto: Ist.

" Pemda lebih intensif mendukung kelancaran pelaksanaan program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat serta membiayai berjalannya rutinitas pelayanan pemerintahan. "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Pemda bersama DPRD Konawe Selatan (Konsel) menggelar rapat paripurna di Plaza Inn Kendari, pada Sabtu (17/10/2020).

Rapat paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD, Armal, membahas tentang pandangan umum fraksi-fraksi DPRD terhadap Rancangan APBD Perubahan Tahun Anggaran (TA) 2020.

Plt Bupati Konsel, Arsalim mengatakan, bila ditinjau dari sisi anggaran maka Pemda telah menetapkan arah kebijakan umum yang mempertimbangkan beberapa indikator sebagai asumsi perubahan.

Di antaranya kata Arsalim, pencegahan dan penanganan COVID-19, penanganan dampak terutama bagi masyarakat kurang mampu, ketersediaan anggaran untuk program strategis, keberlanjutan program pembangunan, penyesuaian dan perubahan postur APBD sebagai konsekuensi pengurangan dana transfer serta kapasitas keuangan daerah terutama penurunan PAD.

Selain itu, Arsalim mengungkapkan, mempertimbangkan kondisi keuangan daerah, Pemda sepakat menunda banyak program strategis yang nantinya akan diluncurkan pada Tahun 2021.

"Pemda lebih intensif mendukung kelancaran pelaksanaan program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat serta membiayai berjalannya rutinitas pelayanan pemerintahan," ungkapnya.

Untuk mendukung kelancaran program dan kegiatan yang ada, lanjutnya, pengelolaan anggaran perlu lebih diintensifkan dengan mempertimbangkan ketersediaan anggaran secara tepat waktu.

Baca juga: Warga Dapat Bantuan Rumah Swadaya, Plt Bupati Konsel Imbau Serius Membangun

"Khususnya, di bidang pelayanan ke masyarakat dengan tetap konsisten terhadap pembangunan berkelanjutan," lanjutnya.

Mantan Kepala Bappeda Konsel ini menyebutkan, kondisi keuangan saat ini memprihatinkan, tetapi dalam perancangan dan penganggaran tetap harus memperhatikan rambu-rambu yang dapat dipertanggungjawabkan sesuai tata kelola keuangan yang dipersyaratkan.

Arsalim berharap, tahapan pembahasan yang digelar tersebut dapat menghasilkan kesepahaman bersama.

"Semoga dapat tercapai kesepahaman bersama, sehingga menghasilkan Perda yang dapat dipertanggungjawabkan secara legalitas dan publik maupun menjawab kebutuhan mendesak daerah," harapnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Konsel Fraksi PAN, Nadira mengatakan, secara umum seluruh fraksi menyatakan menerima RAPBD-P TA 2020 untuk dilakukan pembahasan selanjutnya.

"Dengan harapan dapat memiliki andil dalam kesejahteraan masyarakat Konsel," singkatnya. (B)

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga