Parpol Tak Turunkan Mandiri, Pemkot Tertibkan APK di Kota Baubau

Elfinasari, telisik indonesia
Kamis, 16 November 2023
0 dilihat
Parpol Tak Turunkan Mandiri, Pemkot Tertibkan APK di Kota Baubau
Satpol PP tertibkan APK di Kota Baubau karena belum masuk masa kampanye. Foto: Ist.

" Setelah tidak terlaksananya penurunan mandiri oleh partai politik (parpol), penertiban terhadap alat peraga kampanye (APK) dilakukan dengan tegas di Kota Baubau "

BAUBAU, TELISIK.ID - Setelah tidak terlaksananya penurunan mandiri oleh partai politik (parpol), penertiban terhadap alat peraga kampanye (APK) dilakukan dengan tegas di Kota Baubau.

Penertiban baliho yang menyerupai APK dimulai pada Rabu (15/11/2023). Kasatpol PP Kota Baubau, La Ode Muhammad Takdir menyatakan, sekitar 133 baliho telah ditertibkan hingga saat ini, belum termasuk stiker dan jenis baliho lainnya. Proses penertiban dijadwalkan akan berlanjut hingga menjelang masa kampanye, pada 28 November 2023.

"Itu masih baliho besar, belum termasuk stiker dan lainnya, hari ini masih akan terus berlanjut hingga masa kampanye tiba," tuturnya saat ditemui Telisik.id, Kamis (16/11/2023).

Baca Juga: Bonus Atlet Porprov 2022 Kota Baubau Akhirnya Cair

Koordinasi sebelumnya antara Pemerintah Kota, Bawaslu, KPU, dan parpol mengharuskan penurunan APK dalam waktu 2x24 jam setelah rapat yang dilaksanakan 1 November lalu. Namun, tindakan tersebut tidak dilakukan oleh parpol, sehingga diambil langkah tegas untuk melaksanakan penertiban.

“Mereka boleh memasang kembali sesuai tahapan yang telah ditetapkan oleh penyelenggara pemilu. Saat ini, sesuai aturan belum diperbolehkan untuk memasang APK, jadi kami akan terus melakukan penertiban,” tandasnya.

Terkait masalah angkutan, berkoordinasi dengan mengenakan mobil Dinas Lingkungan Hidup, tetapi saat ini Satpol PP menertibkan sendiri.

Ketua Bawaslu Kota Baubau, Sarmin mengekspresikan kekecewaannya atas keterlambatan tindakan pasca rapat 1 November 2023 lalu.

Baca Juga: Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak di Kota Baubau Menurun

Bawaslu menekankan, pentingnya penurunan APK secara menyeluruh dan selama proses penertiban di Kota Baubau akan dilakukan pengawasan langsung, seperti yang telah dilaksanakan oleh Panwascam.

Ia berharap, agar proses penyelenggaraan pemilu di Kota Baubau tetap berjalan teratur dan aman, serta menjadi pembelajaran bagi semua pihak yang terlibat.

Koordinator Divisi Sosialisasi KPU Kota Baubau, Samsudin mengungkapkan, Satpol PP telah memfasilitasi kegiatan penertiban APK bersama Bawaslu. Adapun kriteria APK yang ditertibkan termasuk yang berada di dalam halaman warga agar tetap diturunkan. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga