Partisipasi Pemilih di Muna 85,34 Persen

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 16 Desember 2020
0 dilihat
Partisipasi Pemilih di Muna 85,34 Persen
Ilustrasi pencoblosan Pemilu. Foto: Repro liputan6.com

" Jadi memang beda momentum Pilkada dengan Pilcaleg. Pilkada selalu menarik partisipasi lebih banyak. "

MUNA, TELISIK.ID - Partisipasi pemilih di Kabupaten Muna pada Pilkada 9 Desember cukup tinggi. Masyarakat sangat antusias menyalurkan hak suaranya di tempat pemungutan suara (TPS).  

Kordiv Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Muna, Nggasri Faedah menerangkan, partisipasi pemilih melampaui target nasional 77,5 persen dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 143.128 orang.

"Partisipasi kita mencapai 85,34 persen," kata Nggasri.

Tingginya partisipasi pemilih itu juga melampaui partisipasi Pilcaleg 2019 lalu yang angkanya hanya sekitar 83 persen. KPU juga sudah jauh-jauh hari memproyeksikan akan ada peningkatan partisipasi pemilih.

Baca juga: Muktamar, PPP Jatim Dukung Duet Suharso Monoarfa-Musyafak Noer Pimpin PPP

"Jadi memang beda momentum Pilkada dengan Pilcaleg. Pilkada selalu menarik partisipasi lebih banyak," ujarnya.

Menariknya, kata dia, dalam proses pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara dari TPS hingga pleno di panitia pemungutan kecamatan (PPK) tidak ada masalah. Sehingga tidak ada rekomendasi yang dikeluarkan Bawaslu untuk pemungutan suara ulang (PSU).

"Akhirnya Muna juga terbebas dari zona merah. Alhamdulillah dari Pilgub, Pilcaleg hingga Pilkada semuanya berjalan aman tanpa ada PSU. Zona kita pun sudah berubah menjadi hijau," tutupnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga