Pasangan ARIF jadi Pendaftar Pertama Calon Kepala Daerah Buton di Partai Nasdem

Febriyani, telisik indonesia
Minggu, 21 April 2024
0 dilihat
Pasangan ARIF jadi Pendaftar Pertama Calon Kepala Daerah Buton di Partai Nasdem
Ketua DPD PAN Buton, La Ode Rafiun saat mendaftarkan diri di Partai Nasdem Buton. Foto: Ist.

" DPD Partai NasDem Buton membuka pendaftaran calon kepala daerah yang bebas biaya alias bebas mahar "

BUTON, TELISIK.ID - DPD Partai NasDem Buton membuka pendaftaran calon kepala daerah yang bebas biaya alias bebas mahar.

Ketua Bapilu Nasdem, Sabaruddin Paena mengaku, Nasdem sebagai salah satu partai yang punya suara, dua kursi di DPRD Buton. Sesuai dengan fungsi partai adalah melakukan rekruitmen kepemimpinan, rekruitmen calon kepala daerah.

“Untuk pendaftaran Partai Nasdem tidak memungut biaya pendaftaran alias parpol Nasdem tidak ada mahar,” tegas Sabaruddin, Sabtu (20/4/2024).

Ia mengatakan, hal ini berdasarkan petunjuk Ketua DPD Nasdem Buton, La Lisna dan Ketua DPP Nasdem, Surya Paloh sehingga seluruh bakal calon kepala daerah tidak dipungut biaya pendaftaran alias non mahar.

Menurutnya, rekruitmen bakal calon kepala daerah ini terbuka bagi siapa saja, baik kader NasDem maupun di luar kader NasDem.

Baca Juga: Umar Bonte Siap Bertarung di Pilkada Usai Berhasil Taklukan DPD RI

“NasDem dalam rekruitmen ini bersifat terbuka. Dipersilahkan kader yang memenuhi syarat untuk mendaftar. Kita juga membuka untuk masyarakat umum sebagai putra – putri terbaik daerah yang punya niat membangun daerah, NasDem bersifat terbuka,” tuturnya.

Ia menyebut yang akan diberikan amanah dan diusung parpol tergantung pada hasil survei dan kembali kepada dewan pimpinan pusat selaku pemegang keputusan tertinggi.

“Kami sudah menyampaikan ke medsos dibuka pendaftaran sejak hari ini tanggal 17 sampai 27 April nanti,” tandasnya lagi.

Pada prinsipnya Nasdem akan melihat pada hasil survei, dia yakin dan percaya putra dan putri terbaik yang akan dicalonkan menjadi bupati atau wabup dan punya niatan baik untuk membangun daerah.

Pasca dibukanya pendaftaran, lanjut dia, pendaftar pertama pasangan Arimusdi – La Ode Rafiun (ARIF) dan diterima Ketua Bapilu DPD Nasdem Buton bersama panitia penjaringan calon kepala daerah di partai.

Sementara itu, Ketua DPD PAN Buton, La Ode Rafiun menyampaikan Nasdem membuka pendaftaran, siapa saja bisa mendaftar sebagai calon kepala daerah melalui NasDem, sehingga mewakili pasangan Arimusdi – Rafiun mendaftar di Partai Nasdem.

“Tadi saya sudah melengkapi syarat-syaratnya. Dan yang terpenting kami mempunyai visi misi sama dengan NasDem,” ujarnya.

Baca Juga: Kery Saiful Konggoasa Resmi Daftar Cagub Sulawesi Tenggara di Partai Nasdem

Selain itu, lanjut dia, selama ini di DPRD Buton Partai PAN dan Nasdem sama-sama satu fraksi dengan beberapa partai lainnya.

Ia melanjutkan, pendaftaran ini  menunjukkan keseriusannya untuk mencalonkan diri sebagai Bupati/Wakil Bupati periode 2024-2029.

“Kami di PAN punya tiga kursi di DPRD Buton, untuk kami mulai membangun koalisi bersama Partai Nasdem untuk memenuhi syarat dukungan kursi DPRD Buton dalam pencalonan nanti,” ujar Rafiun.

Wakil Ketua DPRD Buton ini juga mengucapkan terima kasih kepada DPD Partai Nasdem Buton yang telah menerima kehadiran pasangan ARIF untuk melaksanakan pendaftaran di partai.

“Saya mewakili pasangan Arimusdi – Rafiun mendaftar ke sini sebagai bakal calon bupati/wakil bupati Buton, degan harapan mudah-mudahan Partai Nasdem bisa berkoalisi dengan Partai Amanat Nasional (PAN), karena PAN sudah ada tiga kursi sehingga dengan berkoalisi bersama Nasdem bisa menjadi lima kursi,” ujar Rafiun usai menyerahkan berkas pendaftaran di Sekretariat DPD Partai Nasdem. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga