Pasar Malam Diharap Bangkitkan Perekonomian Warga Konawe

Aris Syam, telisik indonesia
Selasa, 26 April 2022
0 dilihat
Pasar Malam Diharap Bangkitkan Perekonomian Warga Konawe
Aktivitas pasar malam di halaman STQ Kelurahan Tumpas Kabupaten Konawe diharapkan mampu membangkitkan ekonomi masyarakat. Foto: Aris Syam/Telisik

" Pemda Kabupaten Konawe mengharapkan, adanya pasar malam di bulan ramadan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe mengharapkan, adanya pasar malam di bulan ramadan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kabag Kesra) Konawe, Marjuni Mamir menuturkan, hadirnya pasar malam yang berlokasi di halaman STQ Kecamatan Unaaha itu, merupakan salah satu bentuk nyata membangkitkan perekonomian masyarakat Konawe, khususnya UMKM.

"Tentunya ini menjadi hal positif untuk mereka, karena sempat vakum 2 tahun lebih akibat pandemi," ucapnya, Selasa (26/4/2022).

Terlebih kata Marjuni, kegiatan pasar malam di momen ramadan seperti ini, sudah menjadi kebiasaan masyarakat untuk beraktivitas mencari hiburan dan berbelanja kebutuhan menjelang lebaran nanti.

Sehingga adanya pasar malam, masyarakat sudah mempunyai tempat yang terjangkau dan strategis untuk transaksi jual beli, begitu juga para pedagang, sudah disiapkan wadah atau tempat untuk berjualan.

"Intinya, kita harapkan di bulan ramadan ini perekonomian masyarakat kita dapat berkembang lagi dan menjadi berkah," katanya.

Baca Juga: Kelompok Rentan di 11 Desa Lingkar Tambang Jadi Sasaran Paket PT GKP

Marjuni juga menjelaskan, jika pasar malam tersebut berdasarkan inisiatif dan rekomendasi dari asosiasi pedagang di Kecamatan Wawotobi, yang menginginkan kegiatan pasar malam itu dapat diselenggarakan tahun ini.

Begitu juga dalam pelaksanaan kegiatan pasar malam tersebut harus dimanfaatkan sebaik-baiknya dan tidak melanggar aturan, seperti perjudian, narkoba, miras dan lain-lain, serta memenuhi kewajibannya terhadap penarikan retribusi dapat dilaksanakan.

"Insya Allah, selama dari segi keamanan, kebersihan, prokes, dan menjaga fasilitas publik yang menjadi aset Pemda, kita izinkan," paparnya.

Terpisah, salah satu warga Kelurahan Ambekairi, Nilam, sangat menyambut baik adanya pasar malam tersebut, ia mengaku, momen seperti ini yang paling ia tunggu bersama keluarganya.

Baca Juga: Sasar Generasi Milenial, Tina Nur Alam Sambangi SMAN 6 Konsel

"Bagus mi, karena ada pasar malam lagi, kemarin-kemarin sepi sekali Unaaha kalau puasa," katanya.

Ia mengakui, dengan terbukanya pasar malam itu, sangat membantu untuk mencari keperluan menjelang lebaran, seperti pakaian, sandal dan kebutuhan lainnya.

"Dari pada jauh-jauh lagi ke Kendari belanja, makan waktu. Mending di sini saja karena dekat, anak-anak juga bisa bermain di sini," tandasnya. (B-Adv)

Reporter: Aris Syam

Editor: Kardin

Baca Juga