Pasar Murah Kendari Siapkan 2.200 Paket Subsidi

Sumarlin, telisik indonesia
Kamis, 06 April 2023
0 dilihat
Pasar Murah Kendari Siapkan 2.200 Paket Subsidi
Warga serbu pasar murah di Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia. Pasar murah itu akan digelar sampai 15 April 2023 di 11 kecamatan di Kota Kendari. Foto: Sumarlin/Telisik

" Puluhan warga menyerbu pasar murah yang digelar Dinas Perdagangan Kota Kendari di Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia "

KENDARI, TELISIK.ID - Puluhan warga menyerbu pasar murah yang digelar Dinas Perdagangan Kota Kendari di Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia, Kamis (6/4/2023).

Pasar murah digelar untuk menekan kenaikan harga jelang perayaan hari raya idul fitri 1444 Hijriah 2023 Masehi.

Asisten II Pemerintah Kota Kendari, Susanti menjelaskan, pasar murah digelar untuk menekan harga yang kerap kali melonjak jelang hari raya.

Baca Juga: Warga Serbu Pasar Murah di Hari Terakhir

"Hadirnya pasar murah ini untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok dengan harga terjangkau. Pasar murah merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kota Kendari demi mewujudkan keseimbangan stabilitas harga dan ketersediaan stok di Kota Kendari," katanya, saat membuka pasar murah.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Kendari, Alda Kesutan Lapae menjelaskan, untuk meringankan beban warga, Dinas Perdagangan memberikan subsidi pada paket yang disediakan.

Paket yang berisikan 3 Kg gula pasir, 3 Kg terigu dan 1 liter minyak goreng memiliki harga total sebesar Rp118 ribu. Dari harga itu kemudian disubsidi sebesar Rp 48 ribu, sehingga warga hanya membayar Rp 70 ribu untuk satu paketnya.

"Pasar murah ini diharapkan mampu menjangkau lebih banyak kebutuhan masyarakat dalam membeli bahan pokok, sehingga diharapkan kegiatan pasar murah ini dapat menekan laju inflasi," harapnya.

Kabid Perdagangan Dinas Perdagangan Kota Kendari, Dasril Yamin menjelaskan, mereka menyediakan sebanyak 2.200 paket yang akan disalurkan di 11 kecamatan di Kota Kendari.

"Kegiatan ini akan berlangsung hingga tanggal 15 April, tempatnya di masing-masing kecamatan, selain paket yang disediakan, masyarakat juga bisa membeli sejumlah kebutuhan pokok dengan harga distributor," ungkap mantan lurah Dapu-dapura ini

Barang yang dijual untuk umum diantaranya, telur, minyak goreng, bawang merah dan bawang putih serta terigu.

Baca Juga: Warga Kota Kendari Serbu Pasar Murah di Dua Titik Ini

Salah seorang warga Suriatman mengaku sangat terbantu dengan pasar murah itu, apalagi ada subsidi sehingga dia bisa mendapatkan kebutuhan pokok yang dia inginkan.

"Saya sangat terbantu, harga barang yang harusnya Rp 118 ribu, kita hanya bayar Rp 70 ribu, Alhamdulillah," ungkap warga Kelurahan Pondambea ini.

Suriatman berharap, pasar murah bisa terus diselenggarakan, apalagi menjelang lebaran karena harga-harga kebutuhan pokok terus melambung. (A)

Penulis: Sumarlin

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga