Pasar Rakyat di Bombana Dihantam Puting Beliung, Belasan Kios Porak Poranda

Hir Abrianto, telisik indonesia
Rabu, 10 Maret 2021
0 dilihat
Pasar Rakyat di Bombana Dihantam Puting Beliung, Belasan Kios Porak Poranda
Kondisi pasar pasca dilanda angin puting beliung. Foto: Hir/telisik

" Ada sebelas kios dan satu unit rumah gudang rusak parah akibat dihantam angin puting beliung. "

BOMBANA, TELISIK.ID - Belasan kios dan satu rumah gudang di Pasar Rakyat Boepinang Barat, Kecamatan Poleang, Bombana, diporakporandakan oleh angin puting beliung.

Berdasarkan informasi yang diterima dari warga setempat, angin puting beliung terjadi pada Selasa (9/3/2021) kemarin sekitar pukul 17.00 Wita.

Kepada Telisik.id, Kepala Seksi Darurat dan Penyelamatan Pengungsi BPBD Bombana, Yuliana menyebutkan, berdasarkan hasil peninjauan lokasi kejadian, ditemukan 11 unit kios dan 1 rumah gudang rusak.

Atap dan sejumlah dagangan berupa sembako dan pakaian ikut diterbangkan oleh puting beliung yang terjadi hanya dalam hitungan kurang lebih satu menit.

Baca juga: Sungai Aweu di Kolaka Meluap, Desa Lalonggopi Banjir Hingga Setinggi Pinggang

"Ada sebelas kios dan satu unit rumah gudang rusak parah akibat dihantam angin puting beliung," ujar Yuliana saat ditemui Rabu (10/3/2021).

Berdasarkan hasil perhitungan sementara atas bencana tersebut, total kerugian para pedagang yang terdampak ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

"Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta. Karena ada penjual yang baru saja belanja untuk persiapan menghadapi bulan suci Ramadan," sebutnya.

Hingga saat ini, Pemerintah Kabupaten melalui BPBD Bombana masih menunggu laporan resmi dari pemerintah setempat, untuk ditindaklanjuti dengan membarikan bantuan sebagai upaya meringankan beban korban bencana. (B)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga