Pasar Sentral Ranomeeto Konawe Selatan Bakal jadi Pasar Wisata yang Nyaman dan Indah

Riksan Jaya, telisik indonesia
Jumat, 21 Juni 2024
0 dilihat
Pasar Sentral Ranomeeto Konawe Selatan Bakal jadi Pasar Wisata yang Nyaman dan  Indah
Suasana Pasar Sentral Ranomeeto yang nampak bersih. Foto: Riksan Jaya/ Telisik

" Pasar Sentral Ranomeeto di Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, saat ini sedang direnovasi dengan konsep pasar wisata yang nyaman dan indah "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Pasar Sentral Ranomeeto di Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, menjadi lokasi perputaran ekonomi bagi masyarakat dengan program pasar wisata.

Dulunya, pasar ini didirikan untuk menampung pedagang dari sekitar Puskesmas Ranomeeto yang direlokasi karena alasan menghambat mobilitas kendaran keluar masuk di Puskesmas Ranomeeto. Selain itu juga karena lokasi tersebut bukan peruntukan pasar.

Kepala UPTD Pasar Sentral Ranomeeto, Ashar Murni menjelaskan, meskipun pasar ini sudah buka tiga kali seminggu, yaitu pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu, proses pembangunannya masih terus berlangsung.

"Pasar ini belum buka setiap hari. Kita buka tiga kali seminggu dulu karena masih dalam tahap pembangunan. Nanti akan buka setiap hari untuk melayani masyarakat Konsel," ujarnya, Kamis (20/6/2024).

Lebih lanjut, Ashar menerangkan bahwa saat ini 180 kios yang ada telah dipesan, namun yang terisi baru seratus lebih.

Baca Juga: Tumpukan Sampah di Pasar Ranomeeto Konawe Selatan Ganggu Warga, Keluhkan Bau Busuk jika Musim Penghujan

"Pedagang yang berjualan di sana berasal dari berbagai daerah seperti Konda, Abeli, dan lainnya," tambahnya

Pembangunan Pasar Sentral Ranomeeto tak hanya fokus pada infrastruktur, tetapi juga mengedepankan konsep pasar wisata. Fasilitas yang nyaman dan indah menjadi prioritas utama untuk memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen di area seluas enam hektare ini.

"Kita bangun jalan dan area bongkar muat, drainase, dan jalannya sudah dibeton tinggi supaya tidak becek. Sebagai pasar terbesar di Konsel, kita juga akan membangun taman, sehingga bisa menjadi tempat rekreasi keluarga, olahraga pagi atau sore," jelasnya.

Salah satu pedagang, Risna, mengaku belum faham sepenuhnya mengenai konsep pasar wisata yang dimaksud, namun ia turut senang dengan program yang dilakukan untuk menarik lebih banyak pembeli.

Baca Juga: Harga Bahan Pokok di Pasar Tradisional Kota Kendari Naik Lagi, Pemilik Warung Makan Menjerit

"Masih tiga kali satu minggu, dari pagi, siang biasa sudah kemas-kemasmi barang dagangan. Saya dengar memang di sana akan dibangun taman. Alhamdulillah, ya harapannya pembeli jadi lebih ramai lagi," ungkap Risna.

Salah seorang ibu rumah tangga yang sedang berbelanja, Asri, mengatakan bahwa Pasar Sentral Ranomeeto ini menjadi alternatif baru untuk berbelanja dengan suasana yang lebih nyaman.

"Bagus memang belanja di sini. Tempatnya bersih, rapi, nda seperti kalau kita pergi di pasar lain becek banyak air tergenang, parkirannya juga beda karena dijaga langsung sama Dishub," sebutnya. (A)

Penulis: Riksan Jaya

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga