Pasar Tumpah Ramadan Sebabkan Macet di Jalan Sao-Sao Kota Kendari

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Jumat, 31 Maret 2023
0 dilihat
Pasar Tumpah Ramadan Sebabkan Macet di Jalan Sao-Sao Kota Kendari
Polisi lalu lintas mengamankan kondisi lalu lintas di Jalan Sao-Sao yang kerap kali macet akibat pasar tumpah ramadan musiman di daerah tersebut. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

" Setiap ramadan tiba, berbagai pedagang takjil musiman memenuhi tempat-tempat strategis di Kota Kendari, salah satunya di Jalan Sao-Sao yang mengakibatkan tempat itu menjadi pasar tumpah dan membuat kemacetan di sepanjang jalan "

KENDARI, TELISIK.ID - Setiap ramadan tiba, berbagai pedagang takjil musiman memenuhi tempat-tempat strategis di Kota Kendari, salah satunya di Jalan Sao-Sao yang mengakibatkan tempat itu menjadi pasar tumpah dan membuat kemacetan di sepanjang jalan.

Pasar tumpah ramadan di Jalan Sao-Sao sendiri merupakan tradisi tahunan para pedagang takjil musiman guna meraup cuan tambahan selama bulan ramadan. Sebagaimana yang disampaikan seorang pedagang takjil di daerah itu.

"Kalau saya sudah lama berjualan di sini, tapi banyak penjual baru yang berjualan pada saat ramadan ini," ungkap Ani, Jumat (31/3/2023).

Baca Juga: Cek Jadwal Malam ke-21 Ramadan 2023

Keberadaan para pedagang tadi di pinggir Jalan Sao-Sao menyebabkan kemacetan karena kendaraan roda empat yang singgah untuk membeli takjil. Hal itu diungkapkan langsung oleh Sohri pedagang pepes khas Nusa Tenggara Barat di lokasi tersebut.

"Iya sering macet, hampir tiap hari macet, soalnya banyak mobil-mobil yang singgah kan, terus banyak penjual, jadi mobil-mobil jalannya lambat," tuturnya.

Untuk meminimalisir kemacetan tersebut, pihak Satlantas Kota Kendari menurunkan personelnya untuk mengkondusifkan lalu lintas di Jalan Sao-Sao. Salah satu personel tersebut adalah Aipda Nur Masehi.

Baca Juga: Prediksi 2 Kali Ramadan dalam Setahun di 2030, Ini Penyebabnya

Ketika ditemui oleh pihak Telisik.id, Nur Masehi mengaku, kepadatan lalu lintas di lokasi itu biasanya terjadi sejak waktu pulang kantor hingga berbuka puasa tepatnya di pukul 16.00 Wita hingga 18.00 Wita.

"Kkami ditugaskan menjaga di daerah ini biar tetap kondusif," tutur Nur Masehi.

Selain itu, dirinya juga menambahkan, di Kota Kendari sendiri ada beberapa tempat yang menjadi pasar tumpah selama ramadan, yaitu di Bundaran Mandonga, Bundaran Pesawat Tempur dan Jalan Sao-Sao. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga