Pasca KTT ASEAN, Banyak Kegiatan Internasional Akan Digelar di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur

Berto Davids, telisik indonesia
Rabu, 07 Juni 2023
0 dilihat
Pasca KTT ASEAN, Banyak Kegiatan Internasional Akan Digelar di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur
Kota Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, siap jadi tuan rumah kegiatan internasional. Foto: Ist.

" Masih banyak kegiatan internasional lainnya akan digelar di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) "

MANGGARAI BARAT, TELISIK.ID - Pasca KTT ASEAN ke-42 tahun 2023 pada 9-11 Mei lalu, masih banyak kegiatan internasional lainnya akan digelar di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sekitar pekan ke-3 bulan Agustus 2023, rencananya akan ada pertemuan Kepala Polisi se-Asia.

Informasi lain juga menyebutkan, bulan-bulan ke depan pada 2023 banyak kegiatan internasional lain diselenggarakan di Labuan Bajo, salah satunya rencana penutupan KTT ke-42 ASEAN 2023/ASEAN Summit.

Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi mengatakan, sehubungan dengan pelaksanaan event-event global, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat selalu siap jika dipercayakan pemerintah pusat untuk dilaksanakan di Manggarai Barat, khususnya di Labuan Bajo.

Menurut Bupati Edi, kabar tentang event-event internasional bersifat kenegaraan, dan Indonesia tuan rumah, lalu pemerintah pusat pilih Labuan Bajo sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan dunia itu, sesungguhnya banyak. Antara lain isu tentang penutupan KTT ASEAN 2023.

Baca Juga: Resmi Buka KTT ASEAN Summit, Presiden Jokowi Sentil Situasi Dunia

Kabar lain menyebutkan, kegiatan berskala nasional yang segera dilaksanakan Juni 2023 antara lain pertemuan pihak-pihak yang berkaitan dengan laboratorium di dunia kesehatan. Diikuti pihak-pihak terkait laboratorium di seluruh Indonesia.

“Intinya kami siap. Kalau pemerintah pusat masih percaya kami siap, apalagi Labuan Bajo sudah terkenal " kata Edi, Rabu (7/6/2023).

Baca Juga: Ini Hasil KTT ASEAN Summit di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur

Menanggapi itu, seorang warga Labuan Bajo, Roli, mengaku senang dan bangga atas kemajuan Labuan Bajo yang semakin pesat, sehingga bisa dipercayai menjadi tuan rumah kegiatan global.

"Ini sesuatu yang luar biasa. Kami merasa bangga karena kota yang dulunya tak punya apa-apa, sekarang dipercayakan menggelar kegiatan internasional berkat kemajuan yang ada " ungkap Roli. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga