Pasien Asal Ndoso Mabar Meninggal Usai Tertahan di Pendakian Telford Buruk

Berto Davids, telisik indonesia
Selasa, 06 September 2022
0 dilihat
Pasien Asal Ndoso Mabar Meninggal Usai Tertahan di Pendakian Telford Buruk
Pasien meninggal di jalan usai tertahan di pendakian telford buruk Kecamatan Ndoso, Kabupaten Mabar. Foto: Warga.

" Ironi perjalanan dirasakan seorang pasien bernama Maria Erita Jebuet asal Kampung Raca, Desa Golo Keli, Kecamatan Ndoso, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) Nusa Tenggara Timur, Selasa (6/9/2022) pagi "

MANGGARAI BARAT, TELISIK.ID - Ironi perjalanan dirasakan seorang pasien bernama Maria Erita Jebuet asal Kampung Raca, Desa Golo Keli, Kecamatan Ndoso, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) Nusa Tenggara Timur, Selasa (6/9/2022) pagi.

Ia meninggal dalam perjalanan dari kampung halamannya Raca menuju ke RSUD Ruteng Kabupaten Manggarai.

Meninggalnya pasien penderita darah tinggi ini disinyalir karena kondisi jalan felford yang buruk dan mendaki, sehingga mobil Grandmax Pick Up yang ditumpanginya untuk merujuk ke RSUD Ruteng tak mampu melintas.

Pendakian jalan telford itu merupakan jalan alternatif yang dibuka setelah bencana longsor melanda wilayah Sano. Disitulah pasien yang akrab disapa Rita ini menghembus nafas terakhir.

Sungguh sedih kisah yang dialami Rita dan keluarga. Andai saja kondisi jalan rayanya tidak seburuk itu mungkin nyawanya dapat tertolong dengan cepat oleh bantuan keluarga dan para medis.

Baca Juga: Warga Kota Medan Ini Sebut Terlapor Razman Arif Nasution Jilat Ludah Sendiri, Ini Sebabnya

Keluarga pasien, Frans Janggur menceritakan awal mula pasien berangkat dari Raca pukul 20.00 Wita menuju Puskesmas Tentang.

Sampai di Puskesmas Tentang pukul 21.20 Wita ia sempat dirawat oleh para medis sebelum akhirnya diputus untuk dirujuk ke RSUD Ruteng.

"Sekira pukul 02.00 dini hari pasien mendapat surat rujukan dari Puskesmas Tentang untuk dirujuk ke RSUD Ruteng. Mereka pun berangkat dan berjalan pelan melewati medan itu sebelum sampai ke titik paling terparah di sebelah bawah kampung Sano pukul 02.30 Wita. Disitulah mobil yang ditumpangi pasien tak mampu mendaki melewati telford sampai pukul 04.30 Wita" jelas Frans.

Baca Juga:Pimpinan Pusat Surati Presiden, PKS Jawa Timur Tolak Kenaikan BBM

Pendakian telford itu, kata Frans, merupakan jalan alternatif berkas longsor yang memang sangat sulit dilalui kendaraan, apalagi kalau musim penghujan.

Selain kondisi telfordnya buruk, jalan itu juga mendaki hingga membuat mobil tertahan dan pasien lambat mendapat pertolongan medis RSUD Ruteng.

Sementara itu suami almarhumah, Lasarus Jeramun ikhlas menerima kepergian isterinya sebagai sebuah penderitaan. Andai saja jalannya tidak seburuk itu mungkin nyawa isterinya tertolong meski akan dipanggil Tuhan. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga