Pasien COVID-19 di Bahteramas Olahraga di Ruang Isolasi

Musdar, telisik indonesia
Selasa, 21 April 2020
0 dilihat
Pasien COVID-19 di Bahteramas Olahraga di Ruang Isolasi
Pasien COVID-19 saat berolahraga di ruang isolasi RS Bahteramas Kendari. Foto: Ist.

" Iya... Kita jalan di tempat dulu dan tetap jaga jarak. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 6 pasien terkonfirmasi positif COVID-19 sedang  olahraga di ruang isolasi RSUD Bahteramas Kendari.

Aksi tersebut diabadikan melalui video berdurasi 02.34 detik yang direkam oleh salah satu pasien pria. Keenam pasien tersebut nampak lari-lari kecil diikuti dengan beberapa gerakan tubuh.

Keenamnya tetap mengikuti protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan saling menjaga jarak satu sama lain.

"Iya... Kita jalan di tempat dulu dan tetap jaga jarak," ujar pria dalam video tersebut.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Kendari, dr. Alghazali Amirulah saat dikonfirmasi menerangkan olahraga sangat baik demi meningkatkan daya tahan tubuh.

Kata dokter Alghazali, olahraga dapat dilakukan di luar rumah maupun di ruang isolasi bagi pasien COVID-19. Bisa dengan olahraga bisa dengan squad, push up, sit up, kemudian mungkin jumping jack, lari di tempat, yoga dan semacamnya.

Baca juga: Begini Kondisi Dua Warga Kolut Positif COVID-19

"Olahraga saja sangat bisa menambah imun, selain itu diikuti dengan mengkonsumsi makan makanan yang berserat bergizi seperti buah-buahan, sayur serta istirahat yang cukup," terang dr. Alghazali, Selasa (21/4/2020).

Alghazali menambahkan, aktivitas yang dilakukan pasien COVID-19 menunjukkan secara klinis mereka dalam keadaan yang baik-baik saja.

"Memang dua pasien yang sudah meninggal kemarin juga karena gagal ginjal kronis yang ditunggangi oleh corona sehingga memperparah sakit gagal ginjalnya," tutupnya.

 

Reporter: Musdar

Editor: Rani

Baca Juga