Pasien Gangguan Jiwa Aman Divaksin COVID-19

Apriliana Suriyanti, telisik indonesia
Selasa, 23 November 2021
0 dilihat
Pasien Gangguan Jiwa Aman Divaksin COVID-19
Pemberian vaksinasi COVID-19 pada pasien gangguan jiwa. Foto: Repro Detik.com

" Vaksinasi COVID-19 diklaim aman oleh pihak Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kota Kendari untuk pasien Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) "

KENDARI, TELISIK.ID - Vaksinasi COVID-19 diklaim aman oleh pihak Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kota Kendari untuk pasien Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Pelayanan Medik RSJ Kota Kendari, dr. Hj. Murniati Alwi kepada Telisik.id, Selasa (23/11/2021).

"Vaksinasi untuk ODGJ aman, karena mereka termasuk rentan akan penularan COVID-19, sehingga mereka masuk dalam kategori prioritas untuk divaksin," ungkapnya.

Meskipun demikian, ia mengaku pihaknya memiliki kendala terkait proses vaksinasi COVID-19 pada ODGJ, khususnya untuk pasien rawat inap.

Baca Juga: Tidak Perlu Jauh Berobat, Kini Pusat Klinik Mata Pertama Hadir di Kendari

"Prosedurnya tetap ada, seperti screening terlebih dahulu dan lain sebagainya. Karena ODGJ ini tidak bisa bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri, jadi untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19 dibutuhkan persetujuan dari keluarga. Nah, di sini kendala kami, kalau untuk ODGJ yang dirawat inap, kami agak susah menghubungi keluarga," tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Sub Bidang Kesehatan Jiwa dan Rujukan, Ns. Syahruddin Sumera menjelaskan, RSJ Kota Kendari siap memberikan vaksinasi jika ada arahan dari Kementerian Kesehatan.

"Jika ada regulasi dari Kementerian Kesehatan terkait pemberian vaksinasi COVID-19 terhadap pasien ODGJ tanpa adanya persetujuan dari pihak keluarga, kami siap melaksanakan vaksinasi pada pasien," jelasnya.

Ia juga menegaskan, semua jenis vaksin COVID-19 mulai dari Sinovac, AstraZeneca hingga Moderna, dapat diberikan kepada pasien ODGJ.

"Vaksinasi jenis apapun bisa diberikan, semuanya boleh, yang penting lolos screening," tegasnya.

Baca Juga: Konsumsi Antibiotik Tidak Sesuai Resep Dokter, Waspada Resistensi

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, drg. Rahminingrum mengatakan, untuk pasien ODGJ dapat menerima vaksin namun belum memiliki data terkait jumlah pasien ODGJ yang telah divaksin.

"Iya betul, vaksinasi COVID-19 untuk ODGJ juga ada, cuma pihak kami belum punya datanya," pungkasnya. (A)

Reporter: Apriliana Suriyanti

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga