PCR-nya Diduga Palsu, 23 Mahasiswa di Bandara Haluoleo Kendari Batal Terbang

Musdar, telisik indonesia
Senin, 23 Agustus 2021
0 dilihat
PCR-nya Diduga Palsu, 23 Mahasiswa di Bandara Haluoleo Kendari Batal Terbang
Pesawat Lion Air sedang terparkir di Bandara. Foto: Repro Kompas

" Batalnya 23 calon penumpang yang diketahui adalah mahasiswa asal Jakarta, karena dokumen polymerase chain reaction (PCR) yang dikantongi sebagai syarat perjalanan, diduga palsu. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 23 calon penumpang tujuan Jakarta di Bandara Haluoleo Kendari, Sulawesi Tenggara, batal terbang.

Batalnya 23 calon penumpang yang diketahui adalah mahasiswa asal Jakarta, karena dokumen polymerase chain reaction (PCR) yang dikantongi sebagai syarat perjalanan, diduga palsu.

Humas Bandara Haluoleo Kendari, Ucok mengatakan, kejadian tersebut terjadi pada Jumat (20/8/2021) pagi. 23 mahasiswa tersebut akan transit di Makassar, dengan pesawat Lion Air JT 987 tujuan Kendari-Jakarta.

Baca juga: 6 Kecamatan di Kendari Berhenti Teraliri Air PDAM

Baca juga: Kiosnya Ludes Terbakar di Pasar Baru, Korban Harap Bantuan

Ucok menerangkan, pada saat pemeriksaan dokumen untuk pemberangkatan oleh petugas KKP waktu itu, dokumen PCR yang digunakan 23 mahasiswa tersebut ternyata tidak terdaftar di RSU Bahteramas. Padahal dokumen PCR tersebut tertera bahwa dikeluarkan oleh RSU Bahteramas.

"KKP yang memeriksa menyatakan bahwa dokumen PCR yang digunakan tidak terdaftar di RSU Bahteramas," terang Ucok.

Terpisah, Wakil Direktur Umum dan Keuangan RS Bahteramas, Yane Anastasia saat dikonfirmasi mengatakan, jika seseorang atau calon penumpang melakukan tes PCR di RSU Bahteramas, secara otomatis akan terdaftar jika dilakukan pengecekan.

"Kalau PCR di RS pakai CR Code, jadi pas ke bandara, CR Code-nya itu yang diperiksa, (akan kelihatan terdaftar atau tidak). Berarti memang bukan di Bahteramas, karena kalau di Bahteramas pasti tercatat," ungkapnya. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga