PDAM Muna Usulkan Rp 13 M Optimalisasi SPAM

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 14 Juni 2021
0 dilihat
PDAM Muna Usulkan Rp 13 M Optimalisasi SPAM
Direktur PDAM Muna, Muhamad Nurhayat Fariki (kanan) bersama Pj Kades Oempu, Hayari Imbu. Foto: Sunaryo/Telisik

" Tiga Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kabupaten Muna yakni Kontunaga, Pentiro dan Lohia belum memenuhi kebutuhan air bersih seluruh masyarakat di tiga kecamatan tersebut. "

MUNA, TELISIK.ID - Tiga Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kabupaten Muna yakni Kontunaga, Pentiro dan Lohia belum memenuhi kebutuhan air bersih seluruh masyarakat di tiga kecamatan tersebut.

Hal itu disebabkan karena belum adanya jaringan pipa besar yang terpasang. Karenanya, tahun ini (2021), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Muna mengajukan usulan anggaran sebesar Rp 13 miliar pada Pemkab Muna untuk optimalisasi tiga SPAM tersebut.

"Kita sudah ajukan anggaranya yang dimasukkan pada pinjaman Pemkab sebesar Rp 13 miliar," kata Muhamad Nurhayat Fariki, Senin (14/6/2021).

Baca juga: Dua Anggota DPRD Manggarai Kecam Pernyataan Sekcam

Baca juga: Dua Anggota DPRD Manggarai Kecam Pernyataan Sekcam

Anggaran itu tidak melekat pada PDAM. Namun pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Setelah pekerjaannya rampung nanti, akan diserahkan ke PDAM untuk dikelola.

"Kami di PDAM sebatas menunggu pekerjaan selesai, setelah itu lalu dikelola," ujarnya.

Pemasangan jaringan pipa besar sudah harus dilakukan. Sehingga masyarakat yang ingin menjadi pelanggan tidak susah dilayani. Tinggal dilakukan penyambungan dari jaringan pipa besar ke ruma warga. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga