Logo Telisik.id

PDIP Sultra Usul Calon Kepala Daerah ke Pusat, Berikut Nama-Namanya

9515 dibaca PDIP Sultra Usul Calon Kepala Daerah ke Pusat, Berikut Nama-Namanya

Logo PDIP. Foto: Repro Google.

" Di Konkep itu ada satu nama yang kita usulkan tanpa pasangan. Kita usulkan ya karena dia kader partai."

KENDARI, TELISIK.ID - DPD PDIP Sultra akhirnya mengusulkan sejumlah nama bakal calon (Balon) kepala daerah yang akan diusung pada Pilkada serentak 9 Desember 2020 ke DPP PDIP di Jakarta.

Wakil Ketua Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan DPD PDIP Sultra, Agus Sana'a mengatakan, pihaknya telah menyetor nama-nama Balon kepala daerah di enam daerah yang menyelenggarakan Pilkada serentak kepada DPP.

Sementara satu daerah yakni, Kabupaten Buton Utara (Butur), DPP PDIP telah mengeluarkan rekomendasi kepada   pasangan Abu Hasan-Suhuzu sejak Februari 2020 lalu.

Kata Agus, para Balon kepala daerah yang diusulkan ke DPP PDIP semua adalah kader, sebab partai besutan Megawati Soekarnoputri itu memprioritaskan kader untuk diusung.

"Rata-rata kader yang kita usulkan. Enam daerah yang kita usulkan ini, ada yang kita usulkan satu daerah itu satu nama dan ada yang lebih dari satu nama. Contohnya Konkep kita kirim tiga nama, sementara Konsel kita kirim satu nama," kata Agus, Jumat (3/7/2020).

Agus menambahkan, dari sejumlah nama Balon kepala daerah yang diusulkan, ada satu daerah yang diusul tanpa pasangan yakni, Oheo Sinapoy di Pilkada Konkep.

"Di Konkep itu ada satu nama yang kita usulkan tanpa pasangan. Kita usulkan ya karena dia kader partai," terangnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD PDIP Sultra, Hasrat menjelaskan, Balon yang akan diusung oleh PDIP adalah kader partai. Namun, jika tidak ada kader yang ingin maju sebagai calon bupati, maka calon bupati di luar partai yang akan menggunakan PDIP wajib menggandeng kader PDIP.

Baca juga: Abu Hasan Siapkan Strategi Menangkan Kembali Pilkada Butur

Kemudian lanjutnya, pertimbangan lain adalah cukupnya partai koalisi yang dibawa calon kepala daerah beserta pasangannya, entah itu sebagai calon bupati atau wakil bupati.

"Arah dukungan itu yang paling utama prioritas kader, pastinya untuk posisi calon 01 atau 02. Lalu dukungan koalisi itu benar-benar menyakinkan," kata Hasrat.

Sementara terkait kapan rekomendasi PDIP untuk Pilkada enam daerah di Sultra dikeluarkan, Hasrat menjawab paling lambat pekan depan, sebab saat ini masih berproses di DPP.

"Masih berproses, DPP yang memiliki kewenangan penuh. Kewenangan DPD hanya melakukan penyaringan terhadap hasil penjaringan DPC," ujarnya.

Adapun nama-nama Balon kepala daerah di Pilkada serentak 2020 yang diusulkan DPD PDIP Sultra kepada DPP, antara lain:

1. Konawe Selatan (Konsel)

- Rusmin Abdul Gani - Senawan Silondae

2. Konawe Utara (Konut)

- Ruksamin - Abu Haera

- Raup - Iskandar Mekuo

3. Konawe Kepulauan (Konkep)

- Amrullah - Andi Muhammad Lutfi

- Musdar - Ilham Jaya

- Oheo Sinapoy

4. Kolaka Timur (Koltim)

- Syamsul Bahri - Andi Meria Nur

5. Wakatobi

- Haliana - Ilmiati Daud

- Febri Hidayat - La Ode Puasa

- Arhawi

6. Muna

- LM Rusman Emba - Bachrun Labuta

- Syarifuddin Udu - Hasid Pedansa

Reporter: Kardin

Editor: Sumarlin

Loading...

Copyright © 2019 telisik.id . All rights reserved.

Main Menu

Beranda

Rubrik

News
Metro
Kasus
Peristiwa
Sosok
Cerita
Sehat
Foto
Video