adplus-dvertising

Pedagang Es dan Batagor Diburu Pembeli Jelang Berbuka Puasa

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Senin, 04 April 2022
309 dilihat
Pedagang Es dan Batagor Diburu Pembeli Jelang Berbuka Puasa
Es dan Batagor jadi buruan pembeli jelang buka puasa. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Bulan suci Ramadan 1443 Hijiriah sudah memasuki hari kedua, banyak pedagang musiman yang menjajakan takjil atau menu berbuka puasa "

MEDAN, TELISIK.ID - Bulan suci Ramadan 1443 Hijiriah sudah memasuki hari kedua, banyak pedagang musiman yang menjajakan takjil atau menu berbuka puasa.  

Termasuk di daerah Kelurahan Pekan Tanjung Morawa Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Ada puluhan pedagang takjil yang tersedia di seputaran tugu Tanjung Morawa ini. Mulai dari minuman, makanan dan jenis kue basah maupun kue kering. Harga yang ditawarkan juga relatif murah.


Seorang pedagang takjil, jenis minuman bernama Dewi ketika ditemui awak media di tengah tengah kesibukannya melayani pembeli mengaku, minat masyarakat sangat tinggi untuk beli di tempatnya.

"Banyak yang beli es, karena es menjadi incaran bagi masyarakat yang ingin berbuka puasa. Ada es buah, es jagung, es lengkong bahkan ada juga es cendol dan lainnya," ucapnya, kepada awak media, Senin (4/4/2022).

Ibu rumah tangga ini mengaku selalu berjualan diseputaran Tugu Tanjung Morawa selama bulan suci ramadan. Omset jualannya juga naik - turun.

“Setiap puasa saya selalu jualan di sini, alhamdullilah laris. Namanya jualan kan ada pasang surutnya. Untuk harga es per porsinya hanya Rp 5 ribu," tuturnya.

Baca Juga: Es Dawet Khas Mandalika Hadir di Kota Kendari

Penjual siomay dan batagor juga tidak mau ketinggalan, dagangan Pak Budi ini selalu dikunjungi oleh pembeli.

"Memang kalau bulan suci ramadan Alhamdulillah selalu ramai pembeli. Apabila jika cuaca sedang baik, kalau cuaca hujan, pasti akan sepi karena masyarakat atau pembeli tidak mau keluar rumah," ungkapnya.

Budi yang setiap hari jualan siomay di lokasi mengakui omsetnya bisa naik sebanyak dua kali lipat dari biasanya jika memasuki bulan suci ramadan.

"Iya, Alhamdulillah. Lihat sekarang, sudah banyak memesan siomay dan batagor. Semoga masyarakat yang belum tahu bisa datang kesini untuk membeli batagor saya," ungkapnya.

Eli Puji Astuti seorang pembeli takjil mengaku, selalu datang ke lokasi untuk mencari menu berbuka yang segar dan nikmat.

Baca Juga: Kenta Kapinda, Makanan Khas dari Pulau Muna

"Ada banyak pedagang takjil di sini, jadi bisa bebas memilih menu apa yang mau dibeli dan disantap bersama keluarga," ucapnya.

Wanita berusia 38 tahun ini memilih minuman es jagung dan kue basah maupun yang kering.

"Biasanya, suami dan keluarga suka makan kue dipadukan dengan es. Makanya ini menjadi menu berbuka puasa hari ini," tandasnya. (A)

Reporter: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga