Pedagang Petasan Akhir Tahun Keluhkan Banyak Pesaing

Tim Telisik, telisik indonesia
Jumat, 29 Desember 2023
0 dilihat
Pedagang Petasan Akhir Tahun Keluhkan Banyak Pesaing
Jelang akhir tahun 2023, penjual petasan semakin banyak di Kota Kendari, pedagang pun mengeluh, Jumat (29/12/2023). Foto: Rosmawati/Telisik

" Menjelang tahun baru 2024, penjual mercon atau petasan menjamur di Kota Kendari seperti tahun-tahun sebelumnya, tak heran banyaknya penjual pernak pernik tahun baru ini bermunculan hampir di setiap sisi jalan "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjelang tahun baru 2024, penjual mercon atau petasan menjamur di Kota Kendari seperti tahun-tahun sebelumnya, tak heran banyaknya penjual pernak pernik tahun baru ini bermunculan hampir di setiap sisi jalan.

H-2 menuju tahun baru 2024, menjadi peluang mencari rezeki para pedagang. Namun pendapatan penjualan di akhir tahun 2023 ini sumpang surut,

Wa Ode Nurlina, penjual petasan di perempatan Jalan Laute mengungkapkan, betapa sulitnya mencari nafkah, namun ia tetap berpegang teguh jika rezeki sudah ada yang atur.

Ia menuturkan, pendapatan yang didapatkan perharinya sangat menurun dibandingkan tahun lalu, itu dikarenakan semakin banyaknya penjual bermunculan di sisi jalan.

"Saya menjual dari jam 10 pagi sampai jam 9 malam biasa cuma dapat Rp 30 ribu atau Rp 40 ribu, beda dengan tahun lalu, biasanya bisa dapat Rp 100 ribu sampai Rp 200 ribu perharinya," tuturnya pada Telisik.id, Jumat (29/12/2023).

Baca Juga: Penjual Terompet dan Petasan Raup Untung Jutaan Rupiah Jelang Pergantian Tahun

Hal serupa diungkapkan oleh salah seorang pedagang petasan yang enggan disebutkan namanya di area Bundaran Gubernur Sulawesi Tenggara, Jalan P Antasari, pendapatan penjualan di tahun ini sangat sedikit di banding tahun sebelumnya.

"Perharinya hanya bisa sampai Rp 30 ribu, sepi sekali pembeli karena memang banyak sekali yang menjual, tuh di seberang sana ada, di situ juga ada dua yang menjual," katanya sambil menunjukkan arah penjual lain.

Gaji yang didapatkan para pedagang tersebut tergantung banyaknya petasan yang dijualkan, dari hasil penjualan tersebut ia bisa mendapatkan komisi.

Seperti yang dituturkan oleh Wa Ode Nurlina, dengan banyaknya penjual petasan di Kendari, rezeki sudah ada yang atur.

Baca Juga: Jelang Akhir Tahun, Pembeli Petasan di Kota Kendari Menurun

Berbeda dengan Celsi, salah satu pedagang mercon di area Bundaran Gubernur Jalan Halu Oleo mengatakan, pendapatannya per hari bisa mencapai Rp 200.000 dan ia meyakini bisa mendapatkan lebih banyak lagi di saat malam tahun baru.

"Yang beli itu mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, yang paling banyak diminati itu petasan banting dan petasan korek," katanya.

Kata Celsi, petasan yang dijual ini didapatkan dari seseorang, mereka sudah menyetok petasan di rumah masing-masing dengan membayar uang muka sebelumnya. Mereka pun mengatakan telah mendapatkan izin menjual. (A)

Penulis: Rosmawati

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga