Peduli Semeru, Komunitas Punk Sampai Aktivis Perempuan Turun ke Jalan

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 13 Desember 2021
0 dilihat
Peduli Semeru, Komunitas Punk Sampai Aktivis Perempuan Turun ke Jalan
Penggalangan dana untuk meletusnya Gunung Semeru. Foto: Ist.

" Erupsi Semeru yang merenggut puluhan nyawa, menenggelamkan ratusan rumah serta melukai ratusan, jiwa terus menuai simpati masyarakat "

JAKARTA, TELISIK.ID - Erupsi Semeru yang merenggut puluhan nyawa, menenggelamkan ratusan rumah serta melukai ratusan, jiwa terus menuai simpati masyarakat.

Sejumlah komunitas bergerak menunjukkan kepeduliannya mulai dari penggalangan donasi dengan mengamen hingga jualan produk yang disisihkan untuk Semeru.

Komunitas anak-anak punk yang selama ini mendapat sorotan miring dari masyarakat juga tak ketinggalan menggelar Ngekem (Ngamen Kemanusiaan) bersama sejumlah aktivis mahasiswa dari HMI Komisariat Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Kegiatan mereka dilakukan sudah kedua kali dalam pekan ini. "Kami akan menggelar aksi ini hingga Semeru mereda," ujar koordinator aksi dari Brigade Relawan Nusantara Indonesia Care, Farhan Muhammad yang juga pengurus HMI Komisariat UMJ, Senin (13/12/2021).

Secara terpisah sejumlah aktivis perempuan yang tergabung dalam Wanita Pertahanan Ideologi Syarikat Islam (Perisai) juga menggelar aksi kepedulian di sejumlah titik di antaranya di kawasan Depok dan Bogor.

Aksi ini sebagai bentuk kepedulian kaum wanita perisai atas jatuhnya korban Semeru, terutama wanita dan anak-anak yang sering kurang diperhatikan kebutuhan khususnya saat di pengungsian.

"Bantuan yang mengalir jarang menyentuh kebutuhan khusus seperti pakaian dalam wanita, jilbab, pembalut, peralatan ibadah, susu bayi, pakaian anak, dan lain-lain," ujar Ketua Wanita Perisai Wilayah Depok, Anisya Khoiriya Efendi.

Sedangkan pengusaha UMKM, Ayu, yang menggalang donasi melalui bisnis online kulinernya dengan sistem persentase hasil penjualan juga tak mau ketinggalan. Dirinya sudah berhasil mendonasikan ke Indonesia care dalam sepekan hingga Rp 2 juta dalam bentuk natura.

"Alhamdulillah walau sedikit, bisa ikut berbuat bagi mereka yang menderita di pengungsian Semeru," imbuh warga Rawa Kalong, Gunung Sindur Bogor.

Merespon dukungan masyarakat, aktifis dan mahasiswa tersebut, Direktur Program Indonesia Care, Mega Waty menyambut positif dan terharu dengan sikap kepedulian masyarakat.

Baca Juga: Mendesak, Ini Kebutuhan Paling Dibutuhkan Pengungsi Semeru

"Kami insya Allah salurkan kepada mereka yang menjadi korban. Wanita dan anak-anak menjadi perhatian kami. Selain program psikososial, Indonesia care juga memiliki wadah ICPA (Indonesia Care Perempuan dan Anak). Kita perhatikan suara kebutuhan khusus untuk ibu dan anak yang jadi korban," ujar co-founder Indonesia Care yang juga Ketua Umum Wanita Perisai tersebut.

Gerakan donasi selain masuk ke Indonesia Care dari Jakarta, juga langsung masuk ke posko Indonesia Care di Lumajang.

"Hari ini donasi Natura masuk dari Japfa, berupa makanan instan siap saji," ujar Ketua Indonesia Care Jatim, Warang Agung Mandiri di posko Indonesia Care, Graha KAHMI Lumajang Jl. Srikoyo Kelurahan Kutorenon, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang.

Pihak PT Suri Tani Pemuka Cold Storage Banyuwangi (Japfa group) menyampaikan rasa dukacita kepada para korban Semeru.

Baca Juga: Bupati Muna Siap Fasilitasi Persoalan di Lokasi Pembangunan PLTU

"Kami salurkan bantuan Natura ke Indonesia Care karena saya sudah mengenal dengan personel-personelnya. Insya Allah amanah dan bertanggung jawab," ujar Manajemen Japfa Group, Syaiful Bahtiar.

Bagi masyarakat yang ingin berdonasi bisa melalui rekening Indonesia Care di BSI 7000-555-292 atau langsung dikirimkan ke posko di Graha KAHMI Lumajang. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga