Pelajar Asal Kendari Raih Gelar Duta Siswa Inspiratif Indonesia

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Kamis, 09 Februari 2023
0 dilihat
Pelajar Asal Kendari Raih Gelar Duta Siswa Inspiratif Indonesia
Kepala SMAN 4 Kendari, Liyu (kiri) bersama Defito Dwipratama Jagratara, siswa asal Kendari yang meraih gelar Duta Siswa Inspiratif Indonesia 2023 di ajang Duta Siswa Indonesia 2023. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Defito berhasil meraih gelar Duta Siswa Inspiratif bersama dengan pasangannya dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bernama Nashifa Athanaila Fathoni "

KENDARI, TEKISIK.ID - Defito Dwipratama Jagratara, siswa asal Kendari meraih gelar Duta Siswa Inspiratif Indonesia 2023 pada ajang Duta Siswa Indonesia 2023 di Kota Medan, Sumatera Utara.

Defito berhasil meraih gelar Duta Siswa Inspiratif bersama dengan pasangannya dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bernama Nashifa Athanaila Fathoni.

Duta Siswa Indonesia pertama kali dilaksanakan pada tahun ini, kegiatan yang bertajuk "Berprestasi untuk Membangun Negeri" itu digelar di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) yang berlangsung pada 27-30 Januari 2023.

Defito memgatakan, sebelum meraih gelar itu, dirinya mengikuti beberapa rangkaian seleksi, mulai dari administrasi berkas, tes wawancara, semifinal hingga tahap grand final.

"Pada saat tahapan semifinal, peserta diberi soal Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) atau soal-soal untuk masuk perguruan tingi seperti penalaran, matematika, bahasa Inggsris dan bahasa Indonesia," kata Defito.

Baca Juga: Tips Cumlaude dan Berprestasi Selama Kuliah Ala Duta Muda Asean 2019

Selama mengikuti rangkaian kegiatan, Defito memperkenalkan beragam budaya khas dari Kota Kendari serta baju adat Sulawesi Tenggara, dia bangga bisa mengharumkan nama sekolah dan daerah asalnya.

"Saya berhasil meraih gelar ini karena saya sudah tanamkan dalam diriku untuk buang insecure atau rasa tidak percaya diri, karena saya memiliki kekurangan dan sering dikucilkan tapi sekarang saya buktikan bahwa saya bisa," lanjutnya.

Baca Juga: Putra Muna Barat Terpilih Duta Pariwisata Kebudayaan 2022 Tingkat Nasional

Defito berpesan untuk seluruh teman-teman di Sulawesi Tenggara terkhusus di Kota Kendari, semoga bisa mengikuti prestasinya, jangan malu dan sungkan untuk mengikuti ajang-ajang nasional ataupun internasional karena kita dari Sulawesi Tenggara juga bisa bersaing.

Defito sendiri merupakan siswa kelas 12 IPA SMAN 4 Kendari. Menurut Kepala Sekolah SMAN 4 Kendari, Liyu, Defito merupakan anak yang berprestasi di bidang akademik dan memiliki semangat yang tinggi.

"Saya memberi support dan dukungan kepada Defito yang ingin melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri karena dia salah satu siswa yang berprestasi dan direkomendasikan sekolah untuk mengikuti SNMPTN di Universitas Indonesia," ujar Liyu. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga