Pelajar Muslim di Ruteng Jadi Petugas Keamanan Prosesi Jalan Salib, Persiapan Sejak Sahur

Berto Davids, telisik indonesia
Jumat, 07 April 2023
0 dilihat
Pelajar Muslim di Ruteng Jadi Petugas Keamanan Prosesi Jalan Salib, Persiapan Sejak Sahur
Pelajar Muslim di Ruteng, Provinsi NTT, jadi petugas keamanan prosesi Jalan Salib. Foto: Ist.

" Para pelajar Muslim dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Manggarai menjadi petugas keamanan prosesi Jalan Salib "

MANGGARAI, TELISIK.ID - Peristiwa luar biasa terjadi pada hari raya suci Jumat Agung di Ruteng, Nusa Tenggara Timur, Jumat (7/4/2023). Para pelajar Muslim dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Manggarai menjadi petugas keamanan prosesi Jalan Salib.

Para pelajar Muslim tersebut berada pada bagian terdepan barisan umat Katolik dari tujuh paroki yang terlibat. Lapangan Motang Rua yang menjadi titik star prosesi Jalan Salib itu menjadi tempat berkumpulnya pelajar Muslim dan umat Katolik.

Dari Lapangan Motang Rua, prosesi Jalan Salib dilaksanakan menuju paroki masing-masing. Pelajar Muslim setia mengawal prosesnya dengan berjalan kaki di tengah terik matahari sekalipun sedang menjalankan ibadah puasa.

Muhamad, salah satu pelajar Muslim yang terlibat mengaku sudah berada di Lapangan Motang Rua sejak pagi bahkan sudah siap jalankan tugas usai sahur.

Bagi para pelajar MAN 2 Manggarai, kata dia, perayaan berbagai hari besar agama Katolik adalah hal yang biasa karena mereka merupakan warga asli Manggarai yang memiliki pertalian keluarga dengan warga yang beragama Katolik di keuskupan Ruteng.

Baca Juga: Pemkab Kolaka Timur Serahkan Bantuan Rumah Ibadah di Pura Adat Amerta Sari

"Kami sudah terbiasa dengan perayaan hari besar agama Katolik yang dianut mayoritas penduduk di wilayah ini," katanya.

Saat prosesi Jalan Salib, panitia memutuskan agar para pelajar MAN 2 di Kota Ruteng itu tidak ikut serta ke paroki lainnya selain paroki St. Mikael Kumba, yang letaknya satu wilayah dengan MAN 2 Manggarai di kelurahan Satar Tacik.

“Anak-anak mengawal prosesi menuju paroki Kumba,” ungkap Zulfikar, guru yang mendampingi murid-murid dari MAN 2 Manggarai saat ditemui di Lapangan Motang Rua.

Baca Juga: Validasi Data Miskin Ekstrem Pemkab dan BPS Kolaka Utara Rakor Bersama Ratusan Desa

Seperti yang disaksikan, ribuan umat Katolik dari tujuh paroki di Kota Ruteng, ibu kota Kabupaten Manggarai, sejak pagi pukul 05.30 Wita memadati Lapangan Motang Rua untuk melakukan prosesi Jalan Salib.

Prosesi Jalan Salib mulai dilaksanakan pukul 07.00 Wita menuju tujuh paroki masing-masing. Ribuan umat Katolik mengenakan busana adat Manggarai dengan mengenakan baju berwarna merah.

Untuk menuju ke paroki masing-masing, sejumlah ruas jalan ditutup karena akan menjadi tempat perhentian seturut kisah sengsara Yesus Kristus menuju bukit Golgota. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga