Pelaksanaan USBK Tingkat SD di Konawe Lancar Tanpa Hambatan

Aris Syam, telisik indonesia
Selasa, 17 Mei 2022
0 dilihat
Pelaksanaan USBK Tingkat SD di Konawe Lancar Tanpa Hambatan
Pelaksanaan USBK perdana di SDN 1 Ambekairi. Foto: Aris Syam/Telisik

" Pelaksanaan USBK terbilang berjalan lancar dan para peserta juga antusias mengikuti ujian dengan penerapan protokol kesehatan "

KONAWE, TELISIK.ID - Pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) tingkat Sekolah Dasar (SD) hari pertama di Kabupaten Konawe berjalan lancar tanpa ada hambatan.

Dari pantauan Telisik.id di salah satu SD di Konawe yakni SDN 1 Ambekairi, pelaksanaan USBK terbilang berjalan lancar dan para peserta juga antusias mengikuti ujian dengan penerapan protokol kesehatan.

Para peserta ujian menggunakan handphone (Hp) untuk dapat mengerjakan soal-soal yang telah disiapkan oleh pihak panitia serta para guru yang siap mendampingi peserta jika mengalami masalah dalam ujian.

Kepala Sekolah SDN 1 Ambekairi Jusnawati mengatakan, pelaksanaan USBK di sekolahnya diikuti sebanyak 42 peserta yang terbagi menjadi dua bilik, bilik pertama sebanyak 22 orang dan bilik kedua sebanyak 20 orang.

"Alhamdulillah, proses ujian hari ini berjalan lancar, dan anak-anak juga tidak mengalami kendala saat mengerjakan soal," jelasnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (17/5/2022).

Jusnawati menambahkan, untuk hari ini dua mata pelajaran yang diujiankan dengan durasi waktu mengerjakan satu mata pelajaran sekitar satu jam setengah.

"Ujian ini berlangsung selama 6 hari, dari 17 Mei sampai 23 Mei," imbuhnya.

Baca Juga: UTBK SBMPTN Dimulai, Rektor UHO: Usaha Maksimal Jangan Percaya Calo

Di tempat terpisah, pelaksanaan USBK di SDN 1 Unaaha juga berjalan lancar tanpa ada kendala dengan menerapkan prokes, di mana peserta ujian dan guru memakai masker.

Kepala Sekolah (Kepsek) SDN 1 Unaaha Rusman menuturkan, sebanyak 54 peserta yang mengikuti USBK pada hari ini tanpa ada yang alpa atau tidak hadir.

"Ujian hari ini berjalan mulus sesuai harapan Dikbud Konawe dan anak-anak kita juga tidak ada kendala," katanya.

Ia juga berharap, pelaksanaan USBK tahun ini berjalan sukses dan untuk para peserta agar lebih semangat dan terus belajar selama proses ujian tersebut berlangsung.

"Kita harapkan berjalan sukses dan sesuai visi misi Bupati Konawe menjadikan daerah kita Konawe Gemilang," pungkasnya.

Baca Juga: Ini 5 Universitas di Indonesia yang Luasnya Berhektare-hektare, Ada Kampus Kamu?

Salah satu peserta ujian, Aan mengungkapkan, ujian hari ini tidak ada kesulitan yang dia alami karena ada pihak guru yang akan membantu jika ada hal yang tidak dimengerti.

Terlebih lagi, jauh-jauh hari sebelumnya, mereka telah diajar tata cara ujian USBK atau simulasi oleh pihak sekolah sebelum pelaksanaan ujian dimulai sehingga sudah dimengerti proses pelaksanaannya.

"Hari ini ujiannya Bahasa Indonesia dan sudah selesai tinggal menunggu mata pelajaran berikutnya," ucap murid SDN 1 Unaaha itu. (A-Adv)

Penulis: Aris Syam

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga