Pelantikan Pj Bupati Buton dan Kolaka Utara Menunggu Hari Baik Pekan Ini

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 30 Agustus 2023
0 dilihat
Pelantikan Pj Bupati Buton dan Kolaka Utara Menunggu Hari Baik Pekan Ini
Muliadi menyebut, pelantikan Pj Bupati Buton dan Kolaka Utara menunggu hari baik di pekan ini. Foto: Ist.

" Terkait pemilihan nama Pj bupati, telah diatur dalam Permen No 4 Tahun 2023 tentang Pj Gubernur, Bupati dan Wali Kota "

KENDARI, TELISIK.ID - Santer beredar, La Ode Mustari terpilih sebagai Pj Bupati Buton dan Kolaka Utara akan pimpin oleh Sukanto Toding. Mengenai hal tersebut ditanggapi oleh Kepala Biro Pemerintahan Setda Sulawesi Tenggara, Muliadi.

Dia menyebut, SK tersebut sudah diterima oleh pemprov, namun belum dapat disampaikan ke publik.

"Nanti dalam proses pelantikan akan ter-publish secara otomatis," tuturnya pada Telisik.id, Rabu (30/8/2023).

Ia menambahkan, terkait pemilihan nama Pj bupati, telah diatur dalam Permen No 4 Tahun 2023 tentang Pj Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

"Terkait Pj itu, ada tiga komponen yang mengusul yaitu DPRD, gubernur dan Kemendagri mengusulkan calon Pj pada presiden melalui mendagri," tambahnya.

Baca Juga: Pj Bupati Bombana Terima SK Perpanjangan, Pj Bupati Buton dan Kolaka Utara Dilantik Besok

Pelantikan Pj bupati tak serta merta dipilih, ia menyebut ada pertimbangan dari pemerintah pusat terkait hal itu dimana nama-nama usai digodok kembali diseleksi oleh tim penilai akhir yang memberikan penilaian terhadap kandidat calon Pj.

"Semua kandidat yang akan jadi Pj itu dinilai oleh tim dari kementerian lembaga di pusat seperti KPK, BIN, dan KASN, Menkopolhukam, Kemendagri, Kementerian sekretaris negara dan hasil penilaian mereka akan dilapor ke presiden" tuturnya.

KPK akan menilai track record masing-masing usulan terkait riwayat cacat hukum terkait keuangan. BIN akan melihat apakah calon tersebut pernah terlibat dalam organisasi terlarang. Dan KASN apakah calon Pj pernah mengalami pelanggaran sistem merit kepegawaian dan sebagainya.

Baca Juga: Intip 9 Kadis, 83 Eselon III dan IV Lingkup Pemprov Sulawesi Tenggara Bergeser

"Gubernur dalam hal ini tidak memiliki kewenangan penetapan Pj, namun dikaji dan dinilai oleh TPA (tim penilai akhir) yang disampaikan ke presiden untuk ditetapkan lalu disampaikan ke Mendagri untuk di-SK-kan," tambahnya.

Saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kepala Dinas Kominfo Sulawesi Tenggara, Ridwan Badallah enggan menyebut nama-nama Pj. Ia berujar jika pelantikan bakal dilakukan minggu ini.

Sementara itu, beberapa waktu lalu La Ode Mustari sempat berkomentar jika pelantikan Pj bakal dilakukan pada Jumat (1/9/2023) mendatang. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga