Pelayanan Kesehatan di Muna Barat Sesuai Visi Pemerintah RI

Putri Wulandari, telisik indonesia
Minggu, 12 November 2023
0 dilihat
Pelayanan Kesehatan di Muna Barat Sesuai Visi Pemerintah RI
Pemda Muna Barat dalam perayaan hari kesehatan nasional ke-59 tahun 2023. Foto: Ist.

" peningkatan derajat kesehatan yang optimal merupakan modal dasar untuk terus mendukung proses pembangunan masyarakat Kabupaten Muna Barat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Mutu pelayanan kesehatan dan fasilitas kesehatan di Muna Barat telah berjalan dengan baik sesuai variabel visi pemerintah Republik Indonesia.

Penjabat Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, peningkatan derajat kesehatan yang optimal merupakan modal dasar untuk terus mendukung proses pembangunan masyarakat Kabupaten Muna Barat.

Ia menyebut, kerja sama, harmonisasi dan orkestrasi dalam membangun Kabupaten Muna Barat sangat diharapkan untuk terus mendukung pembangunan kesehatan yang lebih baik.

Muna Barat dalam pencapaian kesehatan pada masa kepemimpinannya telah mencapai beberapa variabel pembangunan sesuai dengan visi pemerintah RI yaitu tercapainya UHC untuk jaminan kesehatan masyarakat miskin dan kurang mampu untuk seluruh masyarakat Kabupaten Muna Barat.

Baca Juga: Edit Video Pj Bupati Muna Barat Pro Ganjar, Umar Bonte Bakal Tempuh Jalur Hukum

"Kita juga telah menerima penghargaan UHC Award dari Mendagri," pungkasnya, Minggu (12/11/2023).

Selanjutnya, dari aspek penanganan stunting, Muna Barat telah meraih penghargaan dari Wakil Presiden RI kategori sepuluh kabupaten terbaik dalam menu perbaikan gizi berbasis pangan lokal.

Tak hanya itu, berdasarkan hasil penilaian akreditasi, RSUD Muna Barat mendapatkan predikat umum yang sebelumnya mendapat penilaian akreditasi dasar. Dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di RSUD, Pemda berkomitmen meraih predikat paripurna di tahun 2027 agar sejajar dengan kabupaten lainnya yang ada di Indonesia.

Untuk itu, Kabupaten Muna Barat terus berbenah dalam peningkatan kesehatan baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Saat ini juga Pemda Muna Barat membangun fasilitas kesehatan di daerah pesisir dan kepulauan dengan tujuan agar tidak terjadi kesenjangan akses kesehatan dan pemenuhan ketersediaan fasilitas pelayanan kesehatan yang merata.

Di tahun 2023 ini, Pemda Muna Barat telah membangun satu puskesmas di Desa Bero, Kecamatan Tiworo Utara, dengan segala fasilitas pendukung termasuk rumah dinas tenaga kesehatan, untuk selanjutnya akan ditingkatkan dengan status mampu melayani gawat darurat kesehatan ibu dan anak, serta ditingkatkan menjadi puskesmas rawat inap.

Untuk itu, dalam momentum perayaan hari kesehatan nasional, pemerintah daerah mengajak masyarakat mendukung pembangunan dan terus menjadikan perilaku kesehatan sebagai kebiasaan sehari-hari.

Baca Juga: Biaya Pengamanan Pilkada Muna Barat Rp 5,2 Miliar

Sementara itu, Direktur RSUD Muna Barat, dr Syahril Fitrah mengatakan, capaian peningkatan akreditasi tak terlepas dari dukungan pemerintah daerah mulai dari peningkatan sarana dan prasarana hingga peningkatan sumber daya tenaga kesehatan, sehingga dengan dukungan itu RSUD mampu menjaga mutu keselamatan pasien.

Dengan pencapaian RSUD Muna Barat yang mengalami peningkatan dari dasar menuju akreditasi utama, inilah yang menjadi tugas dan tanggung jawab pihak RSUD untuk ke depannya dapat meraih akreditasi paripurna.

"Kita sudah tahu apa yang menjadi kekurangan kita, Jadi target kita tahun 2027 adalah menuju akreditasi paripurna," pungkasnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga