Pelayanan Kesehatan Gratis Bagi Pedagang Oleh Puskesmas

Musyrifa Sya’adah, telisik indonesia
Rabu, 28 Desember 2022
0 dilihat
Pelayanan Kesehatan Gratis Bagi Pedagang Oleh Puskesmas
Pelayanan kesehatan gratis kepada pedagang pasar Paddy’s Lawata oleh Puskesmas Puuwatu. Foto: Musyrifa Sya’adah/Telisik

" Pasar sehat sebagai penunjang suatu perekonomian negara memerlukan pedagang yang sehat pula, oleh karena itu dilaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis di pasar Paddys Lawata yang rutin dilakukan oleh Puskesmas Puuwatu setiap tanggal 27 "

KENDARI, TELISIK.ID - Pasar sehat sebagai penunjang suatu perekonomian negara memerlukan pedagang yang sehat pula, oleh karena itu dilaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis di pasar Paddys Lawata yang rutin dilakukan oleh Puskesmas Puuwatu setiap tanggal 27.

Pada pelayanan kesehatan yang dilakukan di pasar Paddys Lawata, terlihat para pedagang sangat antusias untuk melakukan pemeriksaan Kesehatan secara gratis. Mereka bahkan menyampaikan keluh kesah mengenai penyakitnya kepada pihak Puskesmas Puuwatu.

Kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tanggal 27 oleh Puskesmas Puuwatu berdasarkan SK Wali Kota Tahun 2019 terkait dengan pembentukan kelompok kerja pasar sehat untuk pemeriksaan kesehatan gratis bagi para pedagang.

Baca Juga: Tingkatkan Kreatifitas Mahasiswa Lewat Kewirausahaan

Kepala UPTD Puskesmas Puuwatu, Anwar, SKM, M.M.Kes mengatakan, pihaknya ingin meningkatkan produktivitas para pedagang melalui pelayanan. Berbicara tentang tempat umum minimal memiliki ruang pelayanan kesehatan. Puskesmas Puuwatu memiliki pelayanan pos upaya kesehatan kerja (UKK) yang setiap tanggal 27 rutin dilaksanakan.

Pemeriksaannya mulai dari screening awal oleh dokter kemudian pemeriksaan kolesterol, tensi, asam urat, tinggi dan berat badan. Selanjutnya diberikan konseling oleh pihak gizi, ketika terdapat keluhan lain maka akan diberikan obat yang difasilitasi oleh apoteker dari Puskesmas.

"Ketika memang ada yang perlu penanganan khusus, maka akan diberikan rujukan internal yakni ke Puskesmas,” ungkapnya.

Tak hanya pihak Puskesmas Puuwatu saja yang ikut serta dalam kegiatan tersebut, tetapi hadir juga Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kota Kendari yang melakukan monitoring terhadap pelayanan kesehatan gratis tersebut.

Pihak Puskesmas Puuwatu bekerja sama dengan Dinas Perindakop Kendari dan juga Perumda Pasar Kota Kendari. Karena pedagang harus sehat demi perputaran perekonomian Kota Kendari.

Baca Juga: Ada Kampung Reforma Agraria di Kolaka Timur

"Saat ini sudah 38 pasien dari pasar Paddys Lawata yang melakukan pemeriksaan kesehatan,” kata Sekretaris Dinas Perindakop Kendari, Sri Nursam Dewi.

Direktur Utama Perumda Pasar Kota Kendari, Saifuddin menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan ini adalah dalam rangka pelaksanaan kota sehat, di mana salah satu item kota sehat yakni menciptakan pasar yang sehat. Di harapkan di tahun 2022 dan seterusnya diharapkan pasar di Kota Kendari bisa mendukung program pemerintah dalam menuju kota sehat.

“Diharapkan dengan adanya pemeriksaan kesehatan ini para pedagang bisa lebih optimal dalam mengelola dagangannya menjadi lebih sehat dan pembeli tidak perlu khawatir. Juga mereka tidak perlu meninggalkan tempat jualannya jauh-jauh untuk melakukan pemeriksaan Kesehatan,” tutupnya. (A)

Penulis: Musyrifa Sya’adah

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga