Peletakan Batu Pertama Istana IKN Nusantara Dilakukan Bulan Ini

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 18 Agustus 2022
0 dilihat
Peletakan Batu Pertama Istana IKN Nusantara Dilakukan Bulan Ini
Presiden Joko Widodo saat berkemah di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Foto: Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

" Peletakan batu pertama dimulainya pembangunan Istana Negara di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara oleh Presiden Joko Widodo, segera dilakukan bulan ini "

JAKARTA, TELISIK.ID - Peletakan batu pertama dimulainya pembangunan Istana Negara di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara oleh Presiden Joko Widodo, segera dilakukan.

Rencananya, orang nomor wahid di Indonesia itu bakal berangkat ke lokasi IKN di Sepaku, Kalimantan Timur pada bulan Agustus ini.

Kabar tersebut disampaikan Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono. Hanya saja, ia belum merinci secara pasti tanggal berapa agenda peletakan batu pertama Istana Negara itu dilakukan.

"Jadi ke IKN sebelum Agustus selesai. [Ground breaking] Istana Negara," kata Heru di Istana Merdeka, Jakarta, dikutip dari cnnindonesia.com, Rabu (17/8/2022).

Rencana kunjungan ke IKN Nusantara kemungkinan tak dilakukan pekan ini. Sebab, Jokowi telah memiliki agenda di daerah lain.

Baca Juga: Gaya Iriana Berbaju Adat Buton di Upacara HUT RI Penuh Makna

"Besok ke Karawang. Akhir Agustus kunjungan ke daerah timur," ucap Heru.

Lebih lanjut Heru mengatakan, koordinasi masih dilakukan dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ihwal agenda peletakan batu pertama. Nantinya, jika sudah ada tanggal pasti, bakal segera diumumkan.

Proyek pembangunan ibu kota baru dari Jakarta ke Kalimantan Timur telah direstui DPR yang mengesahkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.

Baca Juga: Bertemu Timnas U-16 Sebelum Upacara HUT RI, Ini Pesan Jokowi

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Kepala Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan, pembangunan ibu kota negara yang mengusung “Kota Dunia untuk Semua” menjadi awal peradaban baru bagi Indonesia.

Diundangkannya UU Nomor 3 Tahun 2022 tersebut menandai segera dimulainya pembangunan IKN di Kalimantan Timur.

“Dengan nama Nusantara, IKN Republik Indonesia merepresentasikan konsep kesatuan yang mengakomodasi kekayaan kemajemukan Indonesia. Realitas kekayaan kemajemukan Indonesia itu menjadi modal sosial untuk memajukan kesejahteraan rakyat, untuk Indonesia maju, tangguh, dan berkelanjutan,” ujar Menteri Suharso Monoarfa seperti dilansir Beritasatu.com dari Antara, Kamis (17/2/2022). (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga