Pelni Siapkan 26 Kapal Tampilan Baru, KM Kalud Dipugar Pertama Kali

Erni Yanti, telisik indonesia
Sabtu, 30 September 2023
0 dilihat
Pelni Siapkan 26 Kapal Tampilan Baru, KM Kalud Dipugar Pertama Kali
KM Kalud menjadi kapal yang pertama kali meresmikan perubahan logo baru Pelni dan diikuti 25 kapal lainnya. Foto: Detik.com

" PT PELNI (Persero) meluncurkan kapal penumpang dengan perubahan wajah baru sesuai dengan logo baru PELNI. Peluncuran tersebut dilakukan pertama KM Kelud dilakukan di Pelabuhan Tanjung Priok, dan akan menyusul 25 kapal lainnya "

KENDARI, TELISIK.ID - PT PELNI (Persero) meluncurkan kapal penumpang dengan perubahan wajah baru sesuai dengan logo baru PELNI. Peluncuran tersebut dilakukan pertama KM Kelud dilakukan di Pelabuhan Tanjung Priok, dan akan menyusul 25 kapal lainnya.

Peluncuran KM Kelud dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan RI, Novie Riyanto, Sekretaris Kementerian BUMN RI, Rabin Indrajad Hattari serta sejumlah pemangku kepentingan pelabuhan serta lembaga dan BUMN lainnya, Jumat (29/9/2023).

Direktur Utama PELNI, Tri Andayani dalam sambutannya mengatakan, perubahan wajah KM Kelud merupakan bagian dari rebranding PELNI yang telah mengubah dan meresmikan logo barunya pertengahan tahun ini.

"Rebranding ini kami lakukan seiring perubahan visi dan wujud transformasi yang telah dilakukan beberapa tahun terakhir. Semoga kehadiran KM Kelud dengan wajah barunya, dan akan menyusul untuk 25 kapal penumpang lainnya, dapat diterima oleh para pelanggan kami," ungkap Andayan dalam rilis pers yang diterima telisik.id.

Baca Juga: Jadwal dan Rute Keberangkatan 11 Kapal Pelni dari Pelabuhan Murhum Baubau

Setelah lebih dari 30 tahun warna kapal PELNI dikenal dengan warna krem dan putih, kapal penumpang PELNI selanjutnya akan didominasi oleh warna putih dengan sapuan warna biru tua di sisi depan atau haluan. Sementara untuk cerobong PELNI yang dicirikan warna kuning dan merah putih, sekarang pelanggan akan melihat logo raksasa PELNI yang berwarna biru.

Bukan hanya mengandalkan perubahan wajah, KM Kelud juga mengalami perubahan interior yang signifikan, khususnya pada ruang komersial seperti bioskop, kafetaria dan ruang entertainment.

"Pelanggan kami akan melihat perubahan besar di area-area hiburan. Kami yakin perubahan ini dapat memberikan pengalaman yang berbeda dan membuat pelanggan kami mencintai KM Kelud. Dan tentu saja, peningkatan fasilitas dan layanan ini tentu kami harapkan dapat mendongkrak pendapatan dari usaha kapal penumpang," tambah Anda.

KM Kelud merupakan kapal penumpang PELNI buatan Jerman yang telah beroperasi sejak 1998. Rute regularnya dimulai dari Jakarta dan menyinggahi Batam, Tanjung Balai Karimun hingga ke Medan. KM Kelud dapat dijumpai dan berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok setiap Jumat malam.

Dilansir dari Pelni.co.id, logo baru yang diusung PELNI diinspirasi oleh haluan kapal yang tampak dari atas dan dilengkapi dengan identitas branding "PELNI" di sampingnya. Penempatan logo disisi kiri seakan mendorong  PELNI untuk terus maju dan melakukan terobosan pada bisnis pelayaran dan bisnis logistik.

Logo baru PELNI mengandung tiga unsur warna biru yang menggambarkan kedalaman laut, dimana semakin dalam lautan, semakin gelap warna air lautnya. Gradasi warna tersebut menggambarkan pengalaman panjang Perusahaan yang ditopang oleh inovasi dan transformasi yang cepat dan modern.

Sementara Kepala Cabang Pelni Kendari, Yulianto mengatakan, perubahan logo merupakan bentuk trasformasi dari Pelni sebagai kapal yang mengutamakan pelayanan penumpang.

Baca Juga: Jadwal Kapal Pelni KM Tilongkabila September 2023, Singgah Kendari-Raha-Baubau

"Perihal logo baru, ya kita harus bertransformasi atau berubah dengan cepat dan tepat. Dalam hal pelayanan diutamakan keselamatan dan kenyamanan penumpang," katanya melalui pesan WhatsApp, Sabtu (30/9/2023).

Sebagai informasi, PELNI sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang jasa pelayaran saat ini mengoperasikan 26 Kapal Penumpang yang melayani 1.058 ruas dan menyinggahi 71 pelabuhan.

Selain angkutan penumpang, PELNI juga melayani 42 trayek Kapal Perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di wilayah 3TP, di mana Kapal Perintis menyinggahi 273 pelabuhan dengan total 3.495 ruas. PELNI juga mengoperasikan sebanyak 16 Kapal Rede untuk pelayanan bisnis logistik, saat ini PELNI mengoperasikan 11 trayek Tol Laut serta 1 trayek khusus untuk Kapal Ternak. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga