Pembangunan Bendungan Pelosika Masih Tahap Sosialisasi Pembebasan Lahan

Aris Syam, telisik indonesia
Selasa, 12 Juli 2022
0 dilihat
Pembangunan Bendungan Pelosika Masih Tahap Sosialisasi Pembebasan Lahan
Sekda Konawe Ferdinan Sapan menyebut pembangunan bendungan di Kecamatan Asinua masih dalam tahapan sosialisasi terkait pembebasan lahan kepada warga. Foto: Aris Syam/Telisik

" Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe terus berupaya merealisasikan pembangunan bendungan Pelosika dalam waktu dekat "

KONAWE, TELISIK ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe terus berupaya merealisasikan pembangunan bendungan Pelosika dalam waktu dekat.

Diketahui, pembangunan irigasi tersebut berlokasi di Kecamatan Asinua atau terletak di antara dua kabupaten yaitu Kabupaten Konawe dan Kabupaten Kolaka Timur dan digadang-gadang menjadi bendungan terbesar kedua di Indonesia.

Sekda Konawe, Ferdinan Sapan mengatakan bahwa saat ini pemkab tengah mensosialisasikan tentang pembebasan lahan kepada masyarakat terkait pembangunan Proyek Strategi Nasional (PSN) tersebut.

Sehingga demikian, dengan adanya sosialisasi itu, para masyarakat yang berada di lokasi tersebut akan mengetahui tentang rencana program pemerintah untuk pembangunan bendungan Pelosika.

Baca Juga: 62 ASN Berebut 14 Kursi Kepala OPD Konawe Selatan

"Sosialisasi ini tentang ganti rugi tanah yang bertujuan menyampaikan informasi kepada masyarakat rencana pengadaan tanah pembangunan bendungan," kata Ferdinan, Selasa (12/7/2022).

Jenderal ASN Konawe itu menambahkan, bahwa bendungan Pelosika memiliki daya tampung air berkapasitas tinggi sehingga dapat menjadi pengendalian banjir ketika curah hujan tinggi.

Baca Juga: Genjot Populasi Hewan Ternak, Pemkab Konawe Beri Bantuan Bibit Pangan ke Petani

Tak hanya itu, bendungan Pelosika dirancang sebagai multi fungsi yang dapat digunakan di bidang pertanian, tenaga listrik dan juga dijadikan sebagai tempat wisata.

"Sehingga dengan kehadiran bendungan ini, ada peran masyarakat disekitarnya dalam pemanfaatannya," jelasnya. (C-Adv)

Penulis: Aris Syam

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga