Pembangunan Gerbang Batas Kota Kendari Dimulai, Gubernur Ali Mazi Puji Asmawa Tosepu

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 13 Juli 2023
0 dilihat
Pembangunan Gerbang Batas Kota Kendari Dimulai, Gubernur Ali Mazi Puji Asmawa Tosepu
Peletakan batu pertama gerbang batas Kota Kendari oleh Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Pembangunan gerbang batas Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan telah dimulai, yang dilakukan perdana oleh Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi "

KENDARI, TELISIK.ID - Pembangunan gerbang batas Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan telah dimulai, yang dilakukan perdana oleh Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi.

Ali Mazi mengatakan, pembangunan pintu gerbang batas Kota Kendari merupakan salah satu pintu masuk dan keluar di Kota Kendari, sekaligus menjadi ikon keindahan Kendari sendiri.

"Jadi ketika hendak memasuki wilayah Kota Kendari, saat melintasi gerbang ini sudah ada kesan positif dan kearifan lokal yang ditunjukkan," ucap Ali Mazi saat diwawancarai oleh awak media, Kamis (13/7/2023).

Baca Juga: PUG untuk Kesetaraan Gender di Sulawesi Tenggara

Menurutnya, pintu gerbang itu menjadi monumen penanda ketika memasuki kawasan perlintasan utama, baik dari atau ke Bandara Haluoleo.

Ali Mazi juga memuji dengan mengapresiasi ide dan gagasan cerdas Pemkot Kendari melalui Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu yang telah mencanangkan revitalisasi gerbang batas ini dengan mempertahankan adat.

Asmawa Tosepu mengatakan, pembangunan gerbang merupakan identitas Kota Kendari sebagai Ibu Kota Sulawesi Tenggara yang harus memberikan ciri khas tersendiri. Selain itu, pembangunan gerbang juga berdasarkan lomba sayembara yang digelar pada 2022 lalu.

Baca Juga: Disahkan DPR, Ini Sejumlah Kontroversi UU Kesehatan

Desain yang dipilih sendiri berdasarkan keunikan, ciri khas dan tentunya memiliki ciri khas dari budaya dan kearifan lokal yang dimiliki oleh Kota Kendari.

Dalam konsep kearifan lokal ini ada tentang simbol, motif, corak lambang kemudian kalosara, gong, ta’awu dan arsitektur lokal.

Diketahui gerbang batas Kota Kendari terletak di perempatan Jalan Kota Bangun Kecamatan Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan dan Kecamatan Baruga, Kota Kendari. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga