adplus-dvertising

Pembangunan Pelabuhan Fery di Tomia Wakatobi Bakal Jadi Ikon Wisata Baru

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Kamis, 26 Agustus 2021
2686 dilihat
Pembangunan Pelabuhan Fery di Tomia Wakatobi Bakal Jadi Ikon Wisata Baru
Pesona pelabuhan Fery Tomia di Desa Kollo Soha, Kecamatan Tomia, Kabupaten Wakatobi. Foto: Boy/Telisik

" Pelabuhan yang nantinya digadang-gadang menjadi ikon wisata baru itu, mendapat apresiasi dari semua kalangan masyarakat. "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Proses pengerjaan pelabuhan fery di Pulau Tomia, tepatnya di wilayah Desa Kollo Soha, Kecamatan Tomia Induk ditargetkan bakal rampung Desember 2021.

Pelabuhan yang nantinya digadang-gadang menjadi ikon wisata baru itu, mendapat apresiasi dari semua kalangan masyarakat.

Pelabuhan dermaga antar pulau yang terletak di Pulau Tomia dan Kepulauan Binongko, Kabupaten Wakatobi itu, sudah mencapai tahap akhir pembangunan.


“Dermaga Ferry Tomia ini direncanakan tahun 2021 akan selesai,” ungkap Hariadin selaku Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Wakatobi.

Senada dengan itu, Kepala Desa Kollo Kecamatan Tomia Induk, Sudiman mengatakan, progres pembangunan sudah masuk pada tahap akhir sekitar 90 persen lebih, dan bakal rampung tahun 2021 sehingga segera dioperasikan pada 2022 mendatang.

Baca juga: Alami Kecelakaan Kerja, Pekerja Proyek RSUD Busel Meninggal

Baca juga: Antisipasi Bencana, BPBD Kolut Launching Gema Destana

“Beberapa waktu lalu dari Kementerian Perhubungan bersama seksi pembangunan dari kecamatan, melakukan kroscek terhadap pembangunan jembatan. Untuk saat ini pembangunan sudah masuk tahap akhir, tinggal kaca dan plafon ruang tunggu yang masih direnovasi," Sudiman.  

Sudiman juga menambahkan, pembangunan jembatan Fery yang ada di wilayah desanya itu mulai dikunjungi masyarakat sekitar dan berharap menjadi ikon wisata baru untuk pulau Tomia

“Saya sangat bersyukur, jika diijinkan oleh Dishub untuk dikunjungi wisatawan. Maka tentu hal ini sangat baik untuk perekonomian. Pelabuhan  ini akan menjadi daya tarik wisata baru, sekarang saja sudah mulai banyak dikunjungi masyarakat  sembari berswafoto di pelabuhan fery ini,” ujarnya.

Panorama wisata yang ada di pelabuhan ini, dapat memanjakan mata. Nuansa senja sore yang cantik dengan background lautan Tomia menjadi lebih mengesankan. Apalagi jika nanti banyak kapal yang sedang berlayar di pelabuhan ini.

“Tempatnya itu bagus, desainnya keren dan terkesan sangat modern, saya melihat keseriusan pembangunan dari pemerintah di pelabuhan ini. Saya harap nanti pelabuhannya bisa difungsikan dan dijaga dengan baik.” ungkap Cirman Vloger Tomia, salah satu Pengunjung Pelabuhan Fery, Kamis (26/8/2021). (A)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga