Pembuatan Kamera Stabilizer Ternyata Terinspirasi dari Kepala Ayam

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 28 Februari 2024
0 dilihat
Pembuatan Kamera Stabilizer Ternyata Terinspirasi dari Kepala Ayam
Ternyata stabilizer kamera terinspirasi dari seekor ayam. Bahkan, mobil mewah sekelas Mercedes-Benz saja kestabilannya mengadopsi konsep kepala ayam. Foto: Awanapss.com

" Pembuatan konten dan film biasanya membutuhkan sebuah stabilizer kamera untuk mendapatkan hasil video yang stabil tanpa ada goyangan "

KENDARI, TELISIK.ID - Pembuatan konten dan film biasanya membutuhkan sebuah stabilizer kamera untuk mendapatkan hasil video yang stabil tanpa ada goyangan.

Ternyata stabilizer kamera terinspirasi dari seekor ayam? Bahkan, mobil mewah sekelas Mercedes-Benz saja kestabilannya mengadopsi konsep kepala ayam.

Menurut Barrie J. Frost dalam Bird Head Stabilization (2013), kepala burung didesain untuk terkunci pada gravitasi atau terpaku di tempat dan tidak bergerak dengan anggota tubuh lainnya.

Burung dan ayam membutuhkan kestabilan tersebut agar penglihatan mereka tidak terganggu saat berjalan, berlari, melompat, terbang, mendarat, dan bertengger seperti dikutip dari Kumparan.com.

Baca Juga: Ternyata HP Android Ini Punya Spek Kalahkan iPhone 14 series

Berkat sejumlah tulang dan sendi di lehernya, kepala ayam sangatlah fleksibel dan bisa bergerak ke sana-ke sini. Kestabilan ini dihasilkan oleh kerja sistem benama vestibular yang ada pada telinga bagian dalam ayam dan burung.

Dilansir dari Awanapss.com, mereka membutuhkan kestabilan tersebut agar penglihatannya tetap baik saat sedang berjalan, berlari, meloncat, terbang, serta pergerakan lainnya. Inilah konsep yang diambil untuk merancang stabilizer pada kamera.

Baca Juga: Spesifikasi Vivo Y100 5G, HP Harga Rp 4 Juta dengan Layar AMOLED

Leher ayam yang fleksibel menginspirasi perancang agar video yang terekam kamera selalu stabil walaupun dibawa bergerak bahkan hingga berlarian.

Percobaan merekam video dengan kepala ayam sebagai stabilizernya sempat viral dan ramai diperbincangkan netizen. Pembuat konten mencoba mengambil video saat sedang berlari, mengendarai mobil, hingga motor dengan kecepatan tinggi. Mereka terkejut karena ternyata video yang diambil hasilnya stabil tanpa ada goyangan.

Bagi yang ingin melihat videonya, kamu bisa menontonnya melalui YouTube dengan judul “chicken powered steadicam”.

Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan iklan Mercedes-Benz dengan judul “Chicken: Magic Body Control” yang memperlihatkan betapa stabilnya kepala ayam walaupun badannya digoyangkan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga