Pemda Bombana Galakkan Pasar Murah Jelang Idul Adha

Melsandy Wauda, telisik indonesia
Selasa, 11 Juni 2024
0 dilihat
Pemda Bombana Galakkan Pasar Murah Jelang Idul Adha
Kegiatan pasar murah oleh Pemda Bombana di Desa Sikeli Kecamatan Kabaena Barat. Foto: Ist.

" Untuk menjaga lonjakan harga menjelang Hari Raya Idul Adha, Pemerintah Kabupaten Bombana melalui Dinas Perindagkop dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah melaksanakan pasar murah di Pulau Kabaena "

BOMBANA, TELISIK.ID - Untuk menjaga lonjakan harga menjelang Hari Raya Idul Adha, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana melalui Dinas Perindagkop dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) melaksanakan pasar murah di Pulau Kabaena, Minggu (9/6/2024).

Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto mengungkapkan, ini merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Pemda Bombana dalam rangka stabilisasi harga dan menekan inflasi walaupun Indeks Perkembangan Harga (IPH) Kabupaten Bombana berada pada deret ke-7 terendah nasional dengan angka -3,63.

“Kami terus menjaga harga ini apalagi minggu depan kita akan menghadapi Idul Adha dan kami berharap kegiatan yang kami laksanakan ini bisa membantu masyarakat menjelang Idul Adha tanpa memikirkan kenaikan harga ini," jelasnya.

Kabid Perdagangan, Hajar Aswad mengatakan, kegiatan pasar murah ini menjual bahan pokok di bawah harga pasaran. Kegiatan pasar murah ini dilaksanakan di dua kecamatan yang berbeda yaitu di Desa Dongkala, Kecamatan Kabaena Timur dan di Desa Sikeli, Kecamatan Kabaena Barat.

Baca Juga: 3 Ton Beras Bersubsidi Diluncurkan di Pasar Murah Batu Atas Buton Selatan

Di Kecamatan Kabaena Barat ada 400 paket yang dijual sedangkan Kecamatan Kabaena Timur sebanyak 300 paket. Sementara itu bahan yang dijual di pasar murah ini termasuk beras premium 10 kg, minyak goreng 2 liter, bawang merah, gula 2 kg, telur ayam, dan susu.

“Kegiatan ini dilaksanakan di dua tempat berbeda yaitu di Sikeli dan Dongkala. Di kegiatan pasar murah ini, kami menjual bahan pokok dengan harga terjangkau dan tentunya dibawa harga pasar,” kata Kabid Perdagangan, Hajar Aswad.

Baca Juga: Lapak Tani hingga Pasar Murah jadi Upaya Pemda Bombana Tekan Laju Inflasi

Kepala Dinas Perindagkop, Aziz Fair berharap kegiatan ini membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dengan harga yang terjangkau dan menikmati bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah daerah.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini harapan kami agar masyarakat bisa memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari,” ungkap Kadis Perindag, Aziz Fair.

Pj Bupati Bombana Edy Suharmanto mengatakan, kegiatan-kegiatan seperti pasar murah, lapak tani terus berlanjut dan harapannya tentu untuk membantu masyarakat dalam mengontrol harga pasaran tidak melambung tinggi dan tentunya IPH Bombana akan tetap terjaga. (A-Adv)

Penulis: Melsandy Wauda

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga