Pemda Bombana Mulai Berlakukan Program Pekan Vaksinasi COVID-19

Hir Abrianto, telisik indonesia
Minggu, 20 Juni 2021
0 dilihat
Pemda Bombana Mulai Berlakukan Program Pekan Vaksinasi COVID-19
Pelaksanaan vaksin di Kabupaten Bombana. Foto: Hir/Telisik

" Dalam sepekan kedepan, mulai tanggal 19-26 Juni 2021, sebanyak 14.665 warga Bombana ditargetkan bakal tersuntik vaksin "

BOMBANA, TELISIK.ID – Guna mengantisipasi paparan wabah COVID-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana menerapkan program pecan vaksinasi bagi masyarakat umum.

Dalam sepekan kedepan, mulai tanggal 19-26 Juni 2021, sebanyak 14.665 warga Bombana ditargetkan bakal tersuntik vaksin.

Berdasarkan pantauan Telisik.id, dalam pekan ini telah dimulai pelaksanaan vaksinasi baik terhadap para pegewai yang belum tervaksin pada tahapan sebelumnya. Warga pun sangat antusias mengikuti program Pekan Vaksinasi COVID-19 yang digelar secara bersamaan di beberapa titik wilayah yang tersebar di Kabupaten Bombana.

Warga dari berbagai profesi terpantau antri dengan tertib untuk mendapatkan giliran suntik vaksin COVID-19. Program pekan vaksin untuk bulan Juni ini menyasar masyarakat yang berusia di atas 18 tahun.

Kepala Dinas Kesehatan Bombana, Darwin menyatakan, target masyarakat yang akan divaksinasi di Bombana untuk usia 18 tahun ke atas berjumalah 98.971 jiwa dari yang tersebar di 144 kelurahan dan desa.

“Berdasarkan lampiran data kita yang telah ditandatangani oleh pimpinan pada 17 Juni 2021, untuk sasaran vaksin usia di atas 18 tahun berjumlah 98.971 jiwa,” kata Darwin.

Baca Juga: Hari Ini, Kasus positif COVID-19 di Kota Kendari Bertambah 17 Orang

Pelaksanaan Pekan Vaksin ini telah disinggung oleh Bupati Bombana H. Tafdil dalam sambutannya pada acara pisah sambut Kapolres Bombana.

Tafdil mengungkapkan, program Pekan Vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat umum untuk Kabupaten Bombana akan dilaksanakan selama satu pekan, sejak 19 Juni - 26 Juni 2021, bertempat di wilayah kerja masing-masing kecamatan.

Program ini pun tak lepas dari kerjasama dengan pihak keamanan, dalam hal ini Bhabinkamtibmas, Bhabinsa atau TNI, dan Polri untuk memberikan penguatan kepada masyarakat umum agar program vaksinasi ini dapat berjalan lancar di 22 kecamatan.

Pelaksanaan vaksin di Kabupaten Bombana. Foto: Hir/Telisik

 

Darwin menegaskan, mulai hari ini, Minggu (20/6/2021), penyuntikan vaksin COVID-19 digelar secara serentak di 22 Puskesmas se-Kabupaten Bombana dan ini akan digelar selama satu pekan (tujuh hari).

Setiap harinya, ditargetkan tervaksin 45 sampai 55 orang di setiap desa dari 22 kecamatan. Maka jika dikali tujuh hari, totalnya 14.665 jiwa.

“Semua tenaga medis kita siap, tinggal ditentukan dimana tempat pelaksanaannya, bahkan kuota atau dosis Sinovac Biovarma vaksin COVID-19 juga masih tersedia," ujarnya.

Baca Juga: Kini, Kabupaten Muna Punya Desa Sadar Kerukunan Agama

"Saya imbau masyarakat untuk mendukung program vaksinasi, serta tidak lagi takut untuk divaksin karena vaksin ini dijamin aman bagi kesehatan apalagi di masa pandemic begini,” sambungnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan vaksin dilaksanakan secara bebas biaya. Masyarakat yang akan mendatangi lokasi vaksinasi cukup membawa KTP.

Sebelumnya, Kapolres Bombana AKBP Tedy Arif. S., SIK saat ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu menegaskan, pencegahan wabah Corona merupakan program kerja utama, selain menumpas dan mengantisipasi tindak kekerasan di wilayah hukum Wonua Bombana. (B-Adv)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga