Pemda Buteng Fokus Kembangkan Sektor Pariwisata

Mutarfin, telisik indonesia
Jumat, 01 Oktober 2021
0 dilihat
Pemda Buteng Fokus Kembangkan Sektor Pariwisata
Pantai Mutiara di Buteng. Foto: Ist.

" Bupati Buton Tengah, H. Samahuddin, menjelaskan, daerah ini mempunyai banyak destinasi wisata unggulan salah satunya yang lagi diolah adalah Tanjung Buaya "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) dari tahun ketahun tetap fokus mengembangkan sektor pariwisata, baik dari promosi maupun sarana prasarananya.

Ada beberapa wisata unggulan yang saat ini telah digarap atau diperindah fasilitasnya, diantaranya Tanjung Buaya, Pantai Mutiara, Danau Maobu, Pantai Katembe, dan destinasi wisata lainnya.

Bupati Buton Tengah, H. Samahuddin,  menjelaskan, daerah ini mempunyai banyak destinasi wisata unggulan salah satunya yang lagi diolah adalah Tanjung Buaya.

"Untuk memoles Tanjung Buaya tersebut menjadi wisata unggulan Kabupaten Buteng, kita butuh dukungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara. Semoga tahun depan provinsi kucurkan lagi anggarannya untuk pengembangan fasilitas pendukung terkait pengembangan wisata," jelasnya.

Suasana pemantauan wisata Tanjung Buaya. Foto: Ist.

 

Selain itu, Kepala Dinas Pariwisata Buton Tengah, Wujuddin menyampaikan, Pemda Buteng di masa kepemimpinan H. Samahuddin telah menunjukan perhatian penuhnya terhadap pengembangan kepariwisataan.

 

Kadis Pariwisata Buteng, Wujuddin, saat memberikan keterangannya. Foto: Mutarfin/Telisik

 

"Ini adalah tahun kelima kepemimpinan pak H. Samahuddin SE sebagai bupati Buton Tengah. Pak bupati dalam visi misinya sudah menempatkan pariwisata sebagai lieading sector," ungkapnya Jumat (1/10/2021).

Baca Juga: Kuliner Seafood Jadi Incaran Warga Kendari

Baca Juga: Kumpulkan Tokoh Masyarakat, Kapolres Kendari Ajak Tolak Intoleransi

Ia menambahkan, pengembangan wisata itu berupa pembangunan dari segi promosi, pembuatan kazebo-kazebo, parkiran, tempat ibadah, lampu penerang, dan mempermulus jalan menuju tempat wisata.

Menurutnya, wisata di Buton Tengah telah dapat bersaing dikancah nasional dengan diikutkannya Pasir Timbul Bone Labunta di ajang Api Award sebagai destinasi wisata baru.

"Alhamdulillah setelah keluar votingnya kita keluar sebagai juara tiga peraih destinasi wisata baru di anugrah pesona indonesia Api Award. Tentunya hal itu tak terlepas dari dukungan pemerintah Buton Tengah  yang menempatkan wisata sebagai liding sektornya," jelasnya. (B-Adv)

Reporter: Mutarfin

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga