adplus-dvertising

Pemda Buteng Percepat Pembangunan Tugu Berkah

Mutarfin, telisik indonesia
Rabu, 23 Juni 2021
930 dilihat
Pemda Buteng Percepat Pembangunan Tugu Berkah
Pembangunan Tugu Berkah Buteng. Foto: Mutarfin/Telisik

" Pemerintah Buton Tengah kini gencar melakukan pembangunan. Salah satunya Tugu Berkah yang Terletak tepat di Simpang Lima Labungkari. "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Pemerintah Buton Tengah kini gencar melakukan pembangunan. Salah satunya Tugu Berkah yang Terletak tepat di Simpang Lima Labungkari.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Buteng, Aminuddin SE menjelaskan, pengerjaan dasar sudah mulai dilakukan sejak pekan lalu.

"Peletakan fondasi, material serta mesin yang membantu pengerjaan seperti ekscavator telah ada di lokasi dan telah melakukan pekerjaan sesuai rancangan," ungkapnya, Rabu (23/6/2021).


Ia menambahkan, rencananya, penggalian dasar fondasi itu sedalam 4,5 meter dengan diameter lingkaran 66. Sementara tinggi tugu 50 meter.

Baca juga: Konsel Kini Tak Lagi Zona Hijau COVID-19

Baca juga: Kasus COVID-19 Melonjak, Pemkab Ende NTT Kembali Berlakukan Kebijakan WFH

Di lokasi yang sama, Bupati Buteng Samahuddin saat meninjau lokasi pembangunan tugu ini mengatakan bahwa anggaran pembangunan Tugu Berkah ini sebanyak Rp 10 miliar dan ditarget Desember 2021 sudah harus tuntas.

"Kita targetkan pembangunan ini secepatnya rampung," jelasnya.

Pembangunan tugu ini banyak mengandung filosofi Islam. Tugu tersebut nantinya akan memiliki kubah dan akan dipasangkan replika Al-Quran dengan tulisan Arab Iqra, surat pertama yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW.

Tak hanya itu, filosofis lainnya yang melekat dalam tugu adalah jumlah anak tangga sebanyak 17 buah. Melambangkan jumlah rakaat salat lima waktu sehari semalam.

Tugu juga dibuat lima sudut yang menghadap lima simpangan Labungkari. Lima sudut ini melambangkan jumlah rukun Islam atau lima waktu salat. (B-Adv)

Reporter: Mutarfin

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga