Pemda Butur Gelar Rapat Persiapan Paskibraka Upacara HUT ke-76 RI

Aris, telisik indonesia
Senin, 02 Agustus 2021
0 dilihat
Pemda Butur Gelar Rapat Persiapan Paskibraka Upacara HUT ke-76 RI
Wakil Bupati Butur, Ahali (tengah) saat pimpin rapat. Foto: Aris/Telisik

" Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kabupaten Butur, Drs. La Ode Abdul Mustari yang mengatakan, peserta Paskibraka di Kabupaten Butur sudah ada "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur) menggelar rapat bersama Kodim 1429 Butur dan Polres Butur di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Butur, Senin (2/8/2021).

Rapat yang dipimpin Wakil Bupati Butur, Kompol (Purn) Ahali, SH. MH itu guna persiapan pelaksanaan latihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibaraka) dalam rangka upacara peringatan HUT ke-76 RI tingkat Kabupaten Butur pada 17 Agustus 2021 mendatang.

Dalam rapat itu Ahali mengatakan, persiapan peringatan HUT ke-76 RI, salah satu yang utama adalah pembentukan pasukan pengibar bendera yang akan dilatih oleh anggota TNI dan Polri.

Dikatakan, Selasa besok (3/8/2021) akan dimulai pembukaan dan pembekalan pada anggota Paskibaraka.

"Jadi sudah harus dikonsolidasi," kata Ahali.

Hal yang sama diungkapkan Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kabupaten Butur, Drs. La Ode Abdul Mustari yang mengatakan, peserta Paskibraka di Kabupaten Butur sudah ada.

"Akan diterima oleh Pak Bupati besok," ungkapnya.

Wakil Bupati Butur, Ahali (tengah) saat pimpin rapat. Foto: Aris/Telisik

 

Sementara itu, Kepala Staf Kodim 1429 Butur, Mayor Inf. Prasetya mengatakan, sebelum memulai latihan bagi Paskibraka, menurutnya terlebih dulu harus disiapkan tenaga kesehatan.

"Bukan saja ambulans, tetapi juga harus ada oksigen. Yang kedua, kebutuhan kalori bagi pasukan pengibar bendera, itu juga kalorinya harus diperhitungkan, tidak boleh main-main," sambungnya.

Menurutnya, hal itu guna mendukung proses latihan bagi pasukan pengibar bendera secara bertahap, bertingkat dan berlanjut.

"Artinya ada masa-masa yang kita mulai dari awal, orang yang tidak pernah latihan kita mulai dari lima hari pertama adaptasi, kemudian fisik, maupun latihan dasar," katanya.

Baca Juga: Tolak Perpanjangan PPKM di Kota Kendari, Pengunjuk Rasa dan Pol PP Nyaris Ricuh

Baca Juga: Stok Vaksin Terbatas, Pemkot Lapor KPK

Sementara itu, Direktur RSUD Butur, dr. Izanuddin, M.Kes mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dispora Butur untuk persiapan vitamin bagi tim Paskibraka.

Izanuddin menyarankan agar tim Paskibaraka nantinya melakukan tes kesehatan jantung di RSUD Butur.

"Nanti kepada teman-teman Paskibraka yang sudah ditunjuk untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit," tambahnya.

Untuk mendukung kegiatan ini, Izanuddin mengaku akan menyiapkan mobil ambulans dan akan berkolaborasi dengan puskesmas di Butur.

"Yang tak kalah penting, rapid antigen. Karena saat ini masih pandemi COVID-19, jangan sampai ada teman-teman dari Paskibaraka yang terkena Covid," katanya. (A-Adv)

Reporter: Aris

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga