Pemda Kolaka Timur Gandeng Swasta Hapus Kemiskinan Ekstrem

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Jumat, 20 Oktober 2023
0 dilihat
Pemda Kolaka Timur Gandeng Swasta Hapus Kemiskinan Ekstrem
Pemda Kolaka Timur komitmen dalam penghapusan kemiskinan ekstrem dengan menggandeng semua pihak. Foto: Ist.

" Penghapusan kemiskinan ekstrem di Kolaka Timur masih menjadi perioritas utama, dan saat ini pihak swasta ikut dilibatkan "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Penghapusan kemiskinan ekstrem di Kolaka Timur masih menjadi perioritas utama. Saat ini Pemda tengah melibatkan berbagai sektor termasuk pihak swasta dalam pengentasannya.

Sekertaris Daerah Kolaka Timur, Andi Muh. Iqbal Tongasa dalam pertemuan penghapusan kemiskinan ekstrem mengatakan, semua pihak termasuk sektor swasta, dilibatkan dalam upaya ini.

Lanjut sekda, pihak swasta berbicara tentang jenis bantuan yang mereka siapkan untuk disalurkan kepada masyarakat, dan OPD juga menunjukkan tingkat kesiapannya dalam menghadapi tantangan bersama ini.

"Dan Direktur Bank Sultra juga menyampaikan kesiapannya dalam menyediakan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mendukung upaya ini," ujarnya.

Sekda menambahkan, meski selama ini mereka sudah sering membantu, tetapi dalam rangka memberantas kemiskinan ekstrem perlu bersinergi menyatukan semua kekuatan.

Baca Juga: Bappeda Gandeng Tenaga Ahli Turunkan Kemiskinan Ekstrem di Sulawesi Tenggara

"Penghapusan kemiskinan ekstrem ini akan dilakukan melalui aksi konkrit dengan pembentukan tim gabungan dari pihak OPD dan sektor swasta akan dibagi dalam penanganan per kecamatan," ungkapnya.

Ia menyebut, dalam pertemuan ini selain pihak swasta, juga dihadiri perwakilan dari pemerintah, TNI, Bank Sultra, serta perusahaan seperti Hasrat Abadi, Indomaret, Alfamidi, dan Herawati.

"Ini adalah langkah penting dalam menjadikan penghapusan kemiskinan ekstrem sebagai prioritas bersama di Kabupaten Kolaka Timur," tegasnya.

Rencananya, kata sekda, hasil dari kolaborasi ini akan diumumkan setelah diskusi lebih lanjut dengan bupati, dan diharapkan bantuan dari pihak swasta seperti Hasrat Abadi, Indomaret, dan lainnya, akan segera disalurkan.

Baca Juga: Pj Bupati Buton Ungkap Faktor Budaya dan Kemiskinan jadi Penyebap Kekerasan Perempuan dan Anak

Upaya ini akan segera diluncurkan di Kecamatan Ladongi pada awal November tahun ini, dengan kriteria yang digunakan untuk mengidentifikasi kemiskinan ekstrem mencakup aspek-aspek seperti kondisi rumah yang tidak layak huni, kebutuhan gizi, dan lainnya.

Sementara itu Kepala Bappeda Kabupaten Kolaka Timur, Mustakim Darwis, mengungkapkan langkah-langkah baru dalam upaya menanggulangi kemiskinan ekstrem di wilayah ini sebagai tanggung jawab bersama, yang melibatkan pemerintah, sektor swasta, badan usaha, dan BUMN.

"Kita berkomitmen untuk berkolaborasi dalam menangani permasalahan kemiskinan ekstrem di kabupaten ini," ujarnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga