Pemda Kolaka Timur Gelar O2SN dan FLS2N Jenjang SD dan SMP untuk Cari Bibit Atlet

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 06 Juni 2023
0 dilihat
Pemda Kolaka Timur Gelar O2SN dan FLS2N Jenjang SD dan SMP untuk Cari Bibit Atlet
Pelaksanaan O2SN di Kolaka Timur dan FLS2N jenjang SD dan SMP. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Timur menggelar Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), jenjang SD dan SMP, di Lapangan Latamoro, Keelurahan Rate-Rate, Kecamatan Tirawuta "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Timur menggelar Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), jenjang SD dan SMP, di Lapangan Latamoro, Keelurahan Rate-Rate, Kecamatan Tirawuta, Selasa (6/6/2023).

Sekda Kolaka Timur, Muh Iqbal Tongasa menyampaikan, jika anak-anak didik adalah tanggung jawab bersama untuk menjadikan generasi yang sehat, berkarakter serta berakhlak baik, demi masa sekarang dan akan datang.

"Saya berpesan kepada para peserta lomba untuk selalu semangat dan rendah hati," ucapnya.

Ia mengatakan bagi yang terpilih menjadi juara, jangan jumawa dan bagi yang belum terpilih menjadi juara pun, jangan bersedih, tetap belajar karena masih ada kesempatan lain waktu.

Baca Juga: Jelang Idul Adha Hewan Kurban di Kolaka Timur Akan Diperiksa dari Penyakit Menular

"Mari kita dukung anak-anak didik kita yang dalam hal ini sebagai peserta lomba, dengan sportivitas dan objektivitas tinggi di dalam menjaga kearifan budaya lokal," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kolaka Timur, Herman Amin L mengatakan, agar semua peserta O2SN dapat bertanding dan menjunjung tinggi suportivitas.

Herman menuturkan, kegiatan O2SN diharapkan dapat menyaring bakat-bakat muda di bidang olahraga.

"Saya harap melalui kegiatan ini dapat melahirkan generasi muda yang berprestasi di bidang olahraga," harapnya.

Melansir dari ditsmp.kemendikbud.go.id pada tahun 2023 ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan melaksanakan O2SN untuk jenjang SMP/MTs sederajat, secara luring bertahap dan secara hibrid.

Pelaksanaan melalui mekanisme luring secara bertahap diharapkan dapat menjadi berita baik untuk anak-anak Indonesia yang sudah merindukan untuk dapat berinteraksi dan berekspresi seutuhnya, sekaligus menjalin persahabatan antartalenta emas bangsa.

Baca Juga: 228 Calon Jemaah Haji Asal Kolaka Timur Berangkat dalam 3 Kloter

O2SN jenjang SMP/MTs di tahun 2023 menyediakan berbagai cabang perlombaan yang bisa diikuti. Di antaranya adalah Atletik (lari 60 m, lompat jauh, tolak peluru), Renang (100 m bebas, 50 m bebas, 100 m dada, 50 m dada, 50 m punggung, 50 m kupu), Bulutangkis (tunggal putra & tunggal putri), Pencak Silat (tanding kelas D dan solo kreatif), serta Karate (Kata perorangan dan Kumite). Masing-masing cabang lomba terdiri dari nomor putra dan putri.

Seleksi O2SN jenjang SMP/MTs sendiri akan dilaksanakan secara berjenjang. Dimulai dari seleksi oleh satuan pendidikan, seleksi tingkat kecamatan, seleksi tingkat kabupaten/kota, seleksi tingkat provinsi, dan akan berakhir di seleksi tingkat nasional.

Telah lebih dari satu dasawarsa, O2SN berkontribusi pada keberhasilan pembinaan dan pengembangan olahraga di tingkat sekolah sampai tingkat nasional sehingga dapat mewadahi talenta  peserta didik khususnya dalam bidang pembinaan  olahraga. Diharapkan lewat O2SN akan muncul bibit-bibit atlet yang akan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. (A-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga