Pemda Kolaka Timur Panen Raya Padi dalam Pemenuhan Kebutuhan Pangan

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 22 November 2023
0 dilihat
Pemda Kolaka Timur Panen Raya Padi dalam Pemenuhan Kebutuhan Pangan
Pemda Kolaka Timur gelar panen raya komoditi padi dalam pemenuhan kebutuhan pangan. Foto: Ist.

" Pemda Kolaka Timur gelar panen raya komoditi padi untuk menjamin ketersediaan pangan di Kelurahan Ladongi Jaya, Kecamatan Ladongi "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Pemda Kolaka Timur gelar panen raya komoditi padi untuk menjamin ketersediaan pangan di Kelurahan Ladongi Jaya, Kecamatan Ladongi, Rabu (22/11/2023).

Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis mengatakan, panen raya ini menunjukkan jika petani Kelurahan Ladongi Jaya dapat mencapai kemandirian pangan.

Azis membeberkan, berdasarkan data yang peroleh luas areal persawahan di Kabupaten Kolaka Timur Tahun 2023 seluas 17.411 hektare (Ha), terkhusus Kecamatan Ladongi luas sawahnya sebesar 3.478 Ha.  

"Hal ini penting, mengingat komoditas pangan merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh setiap warga negara," ungkapnya.

Baca Juga: Pengendara Motor Tewas Usai Kecelakaan Tunggal di Kolaka Timur

Azis mengungkap, ketersediaan pangan yang cukup dan terjamin menjadi hal yang sangat penting untuk menopang kehidupan, dan panen raya ini sangat penting pada saat kondisi masyarakat petani yang benar-benar membutuhkan arahan dan bimbingan dari semua pihak dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Azis menambahkan berbagai kebijakan di bidang pertanian, telah dikeluarkan oleh pemerintah seperti penyediaan alsintan, pembangunan saluran irigasi, pembangunan jalan usaha tani, pembangunan embung pertanian dan penyediaan pupuk bersubsidi, yang semuanya  bertujuan dapat meningkatkan produksi pertanian untuk kesejahtaraan petani.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kolaka Timur Ridwan mengungkap, pertanian merupakan salah satu sektor yang menjadi prioritas pembangunan di Kabupaten Kolaka Timur, mengingat cukup besarnya peluang dan potensi sektor ini yang masih dapat dikembangkan dan didayagunakan untuk peningkatan pendapatan dan kesejahteraan  masyarakat, sekaligus pengembangan perekonomian daerah.  

Baca Juga: Lama Rusak, Pembenahan Jembatan Alaaha Kolaka Timur Segera Rampung

Kata Ridwan, peningkatan produksi tanaman pangan perlu tetap ditingkatkan setiap tahunnya, baik dari segi kuantitas maupun kualitas, mengingat dari tahun ke tahun kebutuhan pangan mengalami peningkatan sejalan dengan pertambahan jumlah penduduk.  

"Akan tetapi untuk mencapai tujuan tersebut di atas kita masih menghadapi beberapa kendala," ungkapnya, saat dikonfirmasi via seluler.

Untuk mengatasi kendala dalam penyediaan sarana produksi dan pemasaran hasil pertanian kata Ridwan, pemerintah mengharapkan adanya sinergitas antara petani dengan pihak swasta yang saling menguntungkan secara berkelanjutan, sehingga petani memperoleh kepastian dalam berusaha tani dan pemasaran hasil produksi pertanian. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga